RENGAT- Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto menegaskan kepada seluruh guru dan insan pendidik untuk dapat memaknai peringatan Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional).

Hardiknas tidak sekedar kegiatan seremonial. Lebih dari itu, Hardiknas harus dimaknai lebih mendalam salah satunya berbuat yang terbaik untuk kemajuan dunia pendidikan di Inhu.

Penegasan itu disampaikan Bupati Inhu saat penandatangan kerjasama antara Dinas Pendidikan Inhu dengan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi terkait pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Aula Bappeda dan Litbang, Senin (2/5/2016).  

"Selamat Hari Pendidikan Nasional untuk seluruh guru dan insan pendidik di Kabupaten Inhu. Saya berharap momentum Hardiknas dapat dijadikan sebagai upaya agar pendidikan di Inhu lebih baik, termasuk didalamnya SMK di Inhu harus maju," ucap Bupati.

Dijelaskan Bupati, pada lima tahun periode pertama kepemimpinan dirinya, sudah banyak yang dilakukan untuk memajukan dunia pendidikan. Salah satu program prioritas dibidang pendidikan adalah, peningkatan sarana dan prasarana melalui pembangunan ruang kelas baru serta rehabilitasi sejumlah ruang kelas. Langkah ini dilakukan agar proses belajar mengajar di sekolah berjalan lebih baik.

"Dari apa yang telah kita lakukan selama lima tahun lalu, terus kita evaluasi sehingga kualitas serta mutu pendidikan terus meningkat. Makanya hari ini saya sengaja menjemput aspirasi dengan guru SMK, sehingga saya dapat mengetahui langsung kebutuhan serta kendala yang dihadapi guru maupun kepala sekolah," ucapnya.

Bupati juga minta agar guru patuh dan taat dengan ketentuan yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Inhu. Bupati Yopi juga siap membackup program dari setiap sekolah, selagi program tersebut demi kemajuan pendidikan di Inhu.

"Saya tegaskan, akan backup bapak dan ibu sekalian, tetapi saya juga minta kita bersama-sama majukan dunia pendidikan," tegasnya.

Pada acara penandatangan kerjasama tersebut, juga dilaksanakan dialog bersama guru SMK se Kabupaten Inhu. Pada dialog tersebut, Pemkab Inhu langsung menindaklanjuti sejumlah permintaan yang disampaikan guru.

Diantaranya, bantuan untuk peralatan praktek berupa sepeda motor serta sejumlah peningkatan sarana dan prasarana lainnya. Bahkan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Inhu siap membantu sejumlah sekolah untuk permintaan peralatan praktek.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Inhu H Ujang Sudrajat mengungkapkan bahwa kerjasama antara Dinas Pendidikan Inhu dengan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini dilakukan sebagai upaya mempersiapkan tenaga kerja terampil, terutama lulusan SMK.

Selain dengan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pendidikan Inhu juga akan melaksanakan kerjasama dengan SKPD lain di lingkungan Pemkab Inhu sehingga diharapkan mampu mempersiapkan lulusan SMK yang terampil dan siap bersaing di dunia kerja.(Rls)