RENGAT, GORIAU.COM - Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dari sektor distribusi pasar, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindag Pas), akan menyelesaikan pembangun 6 pasar baru di Inhu.

Pembangunan 6 pasar tersebut tersebar pada 6 kecamatan, yakni di Kecamatan Kuala Cenaku, Batang Cenaku, Rakit Kulim, Sei Lala, Kelayang dan Peranap.

"Tahun 2014 ini, pembangunan 6 unit pasar di 6 kecamatan tersebut akan rampung dikerjakan dalam tahun ini. Begitu rampung dan diresmikan, para pedagang bisa langsung menempati kios yang telah disediakan", ujar Kadis Perindag Pas Inhu, Hasman Dayat, Selasa (4/11/2014).

Selain itu sebut Hasman, pembangunan pasar ini juga untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor retribusi pasar.

"Diharapkan pembangunan pasar itu nantinya dapat memberikan distribusi bagi Pemkab Inhu. Selain itu juga diharapkan dapat menambah peningkatan dan menggeliatkan perekonomian masyarakat'', ujar Hasman.

Selain itu juga, dengan adanya pasar di satu tempat, tentunya perputaran uang di daerah itu tidak akan pergi ke luar daerah tersebut, sehingga menumbuh kembangkan usaha kecil menengah yang digeluiti masyarakat setempat.(jef)