RENGAT, GORIAU.COM - Dari 12 Partai Politik (Parpol) yang memiliki perwakilan di DPRD Indragiri Hulu (Inhu), baru enam parpol yang telah menyampaikan nama fraksi dan sekaligus ketua fraksinya, Dua diantaranya, yakni PAN dan PKS bergabung menjadi satu fraksi.

"Enam Parpol yang menyampaikan nama fraksi dan ketuanya yaitu, Golkar, Gerindra, Hanura, PPP PAN dan PKS. Untuk PAN dan PKS bergabung dalam satu fraksi gabungan", ujar Ketua sementara DPRD Inhu Samsudin kepada wartawan, Minggu (21/9/2014).

Dikatakan Samsudin, sedangkan Parpol yang belum mengajukan nama-nama fraksi beserta ketuanya, yaitu Partai Demokrat, PDIP, PKPI, Nasdem, PKB dan PBB.

Dengan demikian, Samsudin berharap, bagi parpol yang belum mengajukan fraksinya agar segera menyampaikan ke DPRD Inhu. Jika sudah lengkap maka DPRD Inhu dapat segera melaksanakan paripurna penetapan nama dan pengurus fraksi DPRD Inhu.

"Kalau fraksi sudah ditetapkan, kami akan segera membahas tatib dewan. Karena Pansus tatip baru bisa terbentuk jika masing masing fraksi di DPRD telah terbentuk," sebutnya.

Dijelaskan Ketua sementara itu, hingga saat ini baru Lima fraksi yang telah terbentuk di DPRD. Namun, jika Partai Demokrat, PDIP, PKPI, Nasdem dan PBB serta PKB telah menyampaikan nama fraksi dan ketuanya, maka diperkirakan akan ada 8 fraksi di DPRD Inhu periode 2014 - 2019, tutupnya.(jef)