RENGAT, GORIAU.COM - Ternyata di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) masih ada sekolah neegri yang tidak memiliki guru atau tenaga pengajar yang berstatus PNS, bahkan sekolah tersebut hanya dipimpin oleh kepala sekolah yang berstatus pelaksana harian.

Seperti halnya tiga sekolah yang ada di Kecamatan Batang Cenaku, Inhu. Yakni Sekolah Dasar Negeri (SDN) 025 Desa Alim, SDN 026 Desa Anak Talang dan SDN 027 Desa Kepayang Sari. Sejak sekolah itu berdiri, peserta didik di sekolah itu hanya diajar Guru Bantu Daerah (GBD) dan Guru Komite (GK), Selasa (11/11/2014).

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Pendidikan Kecamatan Batang Cenaku, Elinarion kepada wartawan membenarkan hal itu. Saat ini pihaknya sudah mengusulkan permintaan guru PNS dan kepala sekolah pada Pemerintah Daerah Inhu melalui Dinas Pendidikan.

"Permintaan penempatan guru dan kepala sekolah di tiga sekolah itu telah kita ajukan pada Dinas Pendidikan Inhu. Tidak itu saja, kita juga telah menyampaikan hal ini dalam setiap kali rapat kerja, baik rapat bersama Pemkab Inhu maupun Dinas Pendidikan," sebutnya.

Dengan demikian sebutnya, diharapkan permintan guru PNS dan Kepala Sekolah itu bisa secepatnya terealisasi. Agar mutu sekolah dan peserta didiknya bisa memiliki potensi seperti yang diharapkan.

"Walau sekolah itu berada di derah terpencil, namun mutu peserta didiknya tentu hal yang paling utama yang kita perhatikan. Untuk sementara ini, menjelang penetapan kepala sekolah dan penempatan guru PNS dari Pemkab Inhu kita mengambil inisiatif dengan menempatkan tiga orang guru PNS yang dijadikan sebagai pelaksana harian kepala sekolah di masing-masing sekolah tersebut," tukanya.