RENGAT- Tim Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) kunjungan kerja ke Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Sesuai jadwal, tim itu akan berada selama tiga hari, Selasa hingga Kamis (26-29/1/2016). Kunjungan kerja tersebut guna memperoleh informasi terkait pembinaan ketahanan nasional didaerah.

 Tim Setjen Wantannas itu diketuai Mayjen TNI Tahan Samuel Toruan dan beberapa anggotanya yaitu, Brigjen TNI Agus Suharto, Brigjen TNI Afandi Abdullah, Kolonel Lek M. Jhonson Lumbantoruan dan Maulana.

 Rombongan kunker Setjen Wantannas itu tiba di Kabupaten Inhu pada, Selasa (26/1/2016) malam dan disambut langsung Pj Sekda Inhu Isdjarwadi dan anggota Forkopinda serta para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu.

Pada, Rabu (27/1/2016) pagi tadi, Tim Setjen Wantannas langsung menggelar forum diskusi bersama sejumlah pejabat Inhu setingkat asisten, kepala badan, kepala dinas serta camat se Inhu.

 Dalam arahannya, Ketua Tim Setjen Wantannas Mayjend TNI Tahan Samuel Toruan mengungkapkan bahwa, kedatangan tim ke Inhu adalah untuk melihat secara langsung sejauh mana pembinaan ketahanan nasional dari berbagai aspek, baik dari aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya.

 Selain itu, Setjen Wantannas itu juga ingin mengetahui permasalahan-permasalahan yang timbul dan yang belum diselesaikan pemerintah daerah serta berimplikasi mengganggu pembangunan.

Dari data itu, nantinya akan dirumuskan untuk menjadi rekomendasi kepada presiden. Sebab, Setjen Wantannas merupakan lembaga negara yang bertugas membantu Presiden dalam merancang dan merumuskan kebijakan terkait strategi ketahanan nasional.

 "Kami blusukan ke Inhu ini untuk melihat secara langsung sejauh mana pembinaan ketahanan nasional didaerah dan permasalahan yang muncul. Dari apa yang disampaikan, saya menilai Kabupaten Inhu sangat kondusif. Berbagai persoalan sudah ada yang dapat diselesaikan dan ada yang masih dalam proses penyelesaian," jelasnya. "Saya juga mengharapkan agar kekondusifan ini dapat tetap terjaga. Sebab, kondusifnya keadaan suatu daerah sangat berpengaruh terhadap terciptanya ketahanan sosial," tegasnya.

 Selain menggelar diskusi dengan para pejabat di lingkungan Pemkab Inhu, tim Setjen Wantannas juga melakukan peninjauan lokasi pertambangan batu andesit di Desa Usul, Kecamatan Batang Gansal. Dan pada Kamis (29/1/2016), tim akan meninjau perbatasan Kabupaten Inhu dan Kuansing di Kecamatan Peranap.

Diakhir pelaksanaan forum diskusi, Pemkab Inhu melalui Pj Sekda Isdjarwadi menerima cenderamata berupa plakat dan Buku Lintas Sejarah dari Ketua tim Setjen Wantannas Mayjen TNI Tahan Samuel Toruan yang diikuti dengan penyerahan yang sama kepada Dandim 0302 Inhu Edison S Sinabutar dan Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo, SIK.(Rls)