RENGAT,GORIAU.COM - Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun anggaran 2016 ditingkat kecamatan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terus dilaksanakan, setelah Kecamatan Seberida dan Batang Gangsal, Musrenbang kali ini dilaksanakan di Kecamatan Pasir Penyu, Selasa (24/2/2015).

Acara Musrenbang itu dihadiri langsung Plt Sekda Inhu, H Agus Rianto dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Inhu. Untuk Kecamatan Pasir Penyu, acara Musrenbang di laksanakan di Gedung Buana Sakti Airmolek, sementara untuk kecamatan Batang Cenak dilaksanakan di aula kantor camat setempat.

Plt Sekda Inhu, H Agus Rianto dalam membacakan arahan Bupati Inhu, H Yopi Arianto, berharap kepada pihak-pihak terkait untuk dapat menampung aspirasi masyarakat dari tingkat desa, kelurahan dan kecamatan hingga menjadi satu konsep yang nantinya dapat diteruskan ditingkat kabupaten.

"Saya tidak ingin aspirasi masyarakat tidak bisa diakomodir dalam pelaksanaan pembangunan tahun 2016 mendatang. Walau saat ini pembangunan di Inhu secara keseluruhan telah mengalami banyak peningkatan, akan tetapi Bupati Inhu mengingikan pembangunan tersebut tetap dilaksanakan secara maksimal," tuturnya.

Diskusi pada pelaksanaan Musrenbang ini hendaknya bisa berjalan dengan penuh kekeluargaan, sehingga hasilnya dapat benar-benar dinikmati oleh masyarakat, tegasnya.

Dalam pada itu, Camat Pasir Penyu, H Syaruddin, menyampaikan beberapa usulan untuk pembangunan di kecamatan yang dipimpinnya itu. Diantaranya, pelebaran jalan Jendral Sudirman, rehab berat rumah dinas camat, perencanaan pembangunan kantor camat dua lantai, pembangunan trotoar dan drainase di Jalan Jendral Sudirman Pasar Airmolek hingga ke Desa Batu Gajah.

Selain itu, mantan Sekretaris Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) Inhu itu juga mengajukan, peningkatan pembangunan ruang terbuka hijau di Kelurahan Tanah Merah yang nantinya akan dijadikan sebagai sarana tempat bermain masyarakat.

Begitu juga dengan rencana pembangunan panggung kesenian masyarakat, pustaka untuk taman bacaan, galeri produk unggulan Kecamatan Pasir Penyu, usulan pengaspalan jalan elak batu gajah yang saat tergolong rusak parah.

Tidak hanya itu, Sahruddin juga berharap adanya pembangunan rabat beton di stadion olah raga Kelurahan Sekar Mawar pada halaman luar stadion, rencana pembangunan turap untuk Desa Lembah Dusun Gading dan Desa Petalongan serta pembangunan jalan dan jembatan untuk Desa Petalongan, tukasnya.(jef)