RENGAT, GORIAU.COM - Sedikitnya 615 kafilah dan offisial dari 14 kecamatan se Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), sejak hari ini, Selasa (2/9/2014) memulai jalannya perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 44 tingkat Kabupaten Inhu. 

Sebagai tuan rumah, Kecamatan Pasir Penyu kembali targetkan juara umum pada MTQ ke 44 ini. Yang mana pada MTQ ke 43 tahun 2013 yang diselenggarakan di Kecamatan Batang Cenaku, Kecamatan Pasir Penyu juga keluar sebagai juara umum.

"Kami tak muluk-muluk, hanya saja bertekat mempertahankan peringkat juara umum pada MTQ ke 44 ini", ujar Camat Pasir Penyu, M Solkan yang juga ketua panitia MTQ ke 44 Inhu itu, Selasa (2/9/2014).

MTQ ke 44 ini merupakan ajang seleksi kafilah yang nantinya akan bertanding pada MTQ tingkat Provinsi Riau. Selain itu juga bertujuan untuk merangsang masyarakat Inhu, khususnya Pasir Penyu agar membudayakan membaca Al-Quran. Terutama para remaja dan generasi muda, sehingga mereka bisa memahami serta mendalami makna-makna yang terkandung didalamnya dan dapat diterapkan dalam semua aspek kehidupan.

"MTQ ke 44 ini diikuti 615 kafilah dan offisial dari 14 kecamatan se Inhu. Sesuai jadwal, MTQ tahun ini akan berlangsung selama 6 hari dari tanggal 1-6 September 2014 kedepan. Pelaksanaan MTQ akan dilaksanakan didua titik, yaitu di Ponpes Khairul Ummah dan Masjid Taqwa Air Molek", sebutnya.

Solkan menambahkan, suksesnya acara ini tentu tidak terlepas dari kerjasama semua pihak, baik panitia maupun masyarakat setempat.

"Terimakasih kepada pemkab Inhu yang telah mempercayakan pelaksanaan MTQ ini. Kepada para donatur serta masyarakat, saya ucapkan terimakasih yang tak terhinga karena berkat sumbangsih dan partisipasi kita semua, iven ini bisa berlangsung meriah dan sukses seperti ini. ", tandas Solkan.(jef)