RENGAT, GORIAU.COM - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov VIII Riau di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) akan dibuka dengan acara yang spektakuler. Bertempat di Stadion Narasinga Rengat, Sabtu (18/10/2014) malam.

Selain akan dimeriahkan dengan penampilan 650 orang penari. Pada pembukaan iven bergengsi Provinsi Riau itu juga akan ditampilkan 2 boneka raksasa hasil karya putra daerah itu, dengan bobot 100 Kg, tinggi 3 meter dan lebar 1 meter.

Dua boneka raksasa itu, satu diantaranya berbentuk atlit sepak bola, sedangkan yaang satunya menggambarkan Putri Indragiri. Hebatnya, dua boneka raksasa itu bisa bergerak sesuai yang dihendaki pengendlinya.

“Pembuatan boneka ini, telah dipadukan dengan tekhnologi. Setiap boneka ini telah dipaasang handle pengendali, sehingga boneka ciptaan saya ini dapat bergerak sesuai dengan apa yang kita inginkan", sebut perancang boneka raksasa itu, Khairudin BA warga Desa Pematang Jaya Kecamatan Rengat Barat itu, Kamis (16/10/2014) di Rengat.

Khairudin BA yang akrap disapa Bade ini menyebutkan, dahwa dua boneka ini sengaja diciptakannya guna memeriahkan Porprov ke VIII Riau di Kabupaten Inhu. "Saya mau tampil beda dari yang lain. Selama iven besar dilaksanakan di Riau bahkan di Indonesia atau dunia sekalipun, belum ada ornamen yang lebihi besar dari yang saya buat. Bahkan saya buka di internet juga belum ada", sebutnya.

Ditambahkan pria 33 tahun itu, selain untuk memeriahkan Porprov Riau, juga sebagai ungkapan kebanggan dirinya atas pelaksanaan iven bergengsi provinsi ini di Kabupaten Inhu. "Boneka ini saya tampilkan bukan hanya untuk menambah kemeriahan Porprov, melainkan ini adalah wujud bangga saya terhadap pemerintah daerah yang telah berani dan mampu melaksanakan iven besar seperti ini. Karena ini adalah Porda atau Porprov pertama Inhu menjadi tuan rumah", tukasnya.(jef)