PEKANBARU, GORIAU.COM - Setelah membentuk tim seleksi, Bawaslu Riau membuka pendaftaran anggota Panwaslu untuk empat kabupaten dan kota se-Riau yang akan dimulai 26 November 2014 yang akan datang.

Demikian dijelaskan Rusidi Rusdan, M.Pd.I, anggota Bawaslu Riau Divisi Organisasi dan SDM dikantornya Jalan Sultan Syarif Kasim No 119 Pekanbaru.

''Hari ini Bawaslu mengadakan Rakor dengan Timsel yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Riau, dalam rangka merencanakan jadwal dan membahas teknis pelaksanaan seleksi. Terpilih sebagai Ketua Timsel Dr Mahmuzar MHum akademisi dari UIN Suska Riau, sebagai Sekretaris terpilih Fatmawati, SIp MM dosen Fikom Umri, dan sebagai anggota terpilih Dr Mexsasai Indra SH MH dosen Fakultas Hukum Unri dan Dr Firdaus SH MH dosen pasca sarjana Universitas Islam Riau,'' ujarnya.

Adapun Panwaslu Kada yang akan dibentuk adalah Kota Dumai, KabupatenBengkalis, KabupatenKep Meranti dan KabupatenInhu. Ditargetkan pada akhir 2014. Panwaslu Kada itu akan mengawasi pelaksanaan Pemilihan Bupati dan walikota di 4 Kabupatenkota yang telah disebutkan.

Timsel akan segera mengumumkan di media massa, paling lambat hari Kamis ini. Sedangkan Pendaftaran boleh dilakukan di Sekretariat Bawaslu Riau atau di masing-masing Sekretariat Panwaslu KabupatenKota tersebut.

Ketua Timsel, Dr Mahmuzar berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk ikut serta berpartisipasi dalam rangka mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah di Bumi Lancang Kuning ini.

Mengenai persyaratan dapat dilihat di Kantor Bawaslu atau lihat di media massa. Persyaratan sesuai UU 15 thn 2011, diantaranya minimal berumur 30 tahun, pendidikan minimal sarjana S1, tidak terlibat partai politik, berdomisili di kabupaten/kota bersangkutan, tidak pernah dipidana penjara yang diancam 5 tahun atau lebih. Bersedia bekerja penuh waktu.

Sekretaris Timsel, Fatmawati,S.Ip, MM menjelaskan Timsel akan bekerja secara profesional dan adil, tidak ada titipan. Panwas lama kita perlakukan sama dengan yang baru. (rls)