RENGAT,GORIAU.COM - Minimnya infrastruktur disebuah daerah menjadi penghambat kemajuan pembangunan didaerah itu. Hal itulah yang terjadi saat ini di Dusun Sungai Raya Seberang, Desa Sungai Raya, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau ini.

Dengan demikian, masyarakat daerah itu sangat mengharapkan adanya pembangunan jembatan dari pemerintah daerah Inhu. Jika sarana transportasi masyarakat lancar, tentunya akan membuat pertumbuhan ekonomi kian meningkat dan akan mampu mengangkat taraf hidup masyarakat yang ada, begitu juga sebaliknya.

"Akibat sarana infrastruktur sulit didapat, maka masyarakat disini sangat jarang merasakan kue pembangunan yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Inhu, baik itu berupa bantuan pertanian, perkebunan dan lain sebagainya", ujar anggota DPRD Inhu, Suhairianto, Jumat (20/2/2015) di Rengat sehabis melaksanakan reses didaerah itu.

Dikatakannya, masyarakat Desa Sungai Raya ini, tepatnya Dusun Seberang Sungai Raya yang letaknya diseberang sungai indragiri sangat mendambahkan adanya pembangunan jembatan menuju kampung mereka. Dengan adanya keberadaan jembatan didaerah itu, tentunya akan mampu menjadi penggeliat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ini merupakan urat nadinya masyarakat daerah itu untuk membangun daerahnya kearah yang lebih maju.

"Jika jembatan ada, saya yakin kesejahteraan masyarakat disana tentu akan jauh menjadi lebih baik dari saat ini yang hanya menggunakan sampan sebagai sarana transportasi untuk menuju pemerintahan desa, kecamatan dan kabupaten", jelas Ketua Fraksi Demokrat DPRD Inhu itu.

Mantan pengacara kondang Rengat itu membeberkan, bahwa jauh sebelum saat ini, pembangunan jembatan dilokasi tersebut telah diprogramkan oleh pejabat terdahulu, namun karena masa jabatan berakhir, program tersebut tidak terealisasi dan karena berganti rezim rencana pembangunan jembatan tersebut tidak diteruskan oleh pejabat saat ini. Sehingga, wajar jika saat ini masyarakat menuntut pembangunan jembatan tersebut.

Jika pemerintah membangunkan jembatan didaerah itu, tidak hanya masyarakat Dusun Sungai Raya yang akan menikmatinya, melainkan masyarakat yang berada didesa lain yang terletak diseberang sungai tersebut, seperti halnya masyarakat desa Pulau Gajah seberang dan banyak desa lain yang letaknya juga diseberang sungai indragiri.

"Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh instansi terkait, seperti Bappeda, Dinas PU dan lainsebagainya untuk dapat mengenggarkan biaya pembangunan jembatan didaerah itu. Tidak harus jembatan beton, jembatan kayu atau jembatan gantung sekalipun jadilah", pungkasnya dengan logat melayu yang kental.(jef)