RENGAT,GORIAU.COM - Bertempat di GOR Danau Raja Rengat, Rapat Pleno pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tahun 2015 berjalan lancar dan tertip, Rabu (26/8/2015).

Dari hasil pengundian, pasangan Drs H Tengku Muhtarudin - Hj Aminah SE memperoleh nomor urut 1 (Satu) dan pasangan H Yopi Arianto SE - H Khairizal M.Si memperoleh nomor urut 2 (Dua).

Pleno pengundian nomor urut tersebut langsung dipimpin Ketua KPU Inhu Muhammad Amin dan didampingi empat komisioner KPU, Hendri A Saleh, Yenni Mairida, Friono dan Dwia Apriansyah.

Sebelum pengundian atau pencabutan nomor urut, KPU Inhu melakukan pengacakan nomor dengan menampilkan penari lukah. Dalam masing-masing lukah terdapat 9 tabung terbuat bambu yang didalamnya terdapat dua lembar kertas bertulis nomor urut 1 dan 2 yang diikat pita merah. Sementara, 7 bambu lain berisi kertas yang sama dengan nomor 0.

Sistem pencabutan undian didahului dengan pencabutan nomor yang akan digunakan untuk mencabut nomor urut yang dilakukan oleh calon wakil bupati. Bagi calon wakil bupati yang mendapat nomor urut lebih kecil, mendapat kesempatan pertama melakukan pencabutan nomor urut yang dilakukan oleh masing-masing calon bupati.

Waktu pencabutan, Hj Aminah mendapat nomor 4, sementara H Khairizal mendapat nomor 5. Dengan demikian, pasangan H Tengku Muhtarudin-H Aminah mendapat kesempatan pertama mengambil nomor urut.

Saat hasil pencabutan dibuka, H Tengku Muhtarudin mendapat nomor 0, sementara H Yopi Arianto mendapat nomor 2. Dan itu artinya, pasangan H Tengku Muhtarudin - Hj Aminah mendapat nomor urut 1 dan pasangan H Yopi Arianto - Khairizal berada pada urut 2, sorak sorai pendukung kedua calon pecah saat nomor urut tersebut ditetapkan.

Usai pencabutan nomor urut tersebut, kedua pasang calon bupati dan wakil bupati Inhu itu dilanjutkan dengan penandatangan deklarasi kesepakatan kampanye damai yang disaksikan Pj Bupati Inhu, KPU, Panwaskab dan Kapolres.(jef)