RENGAT, GORIAU.COM - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Indragiri Hulu (Inhu) H Suhardi kembali menginstruksikan Puskesmas memberikan pelayanan 24 jam, terutama Puskesmas yang berada di jalur lintas.

"Walaupun sejak Januari 2014 Puskesmas dan Pustu di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sudah melakukan pelayanan 24 jam, kita kembali memberikan instruksi agar Puskesmas siaga saat arus mudik nanti," ujar Kadiskes Inhu, Minggu (13/7/2014) di Pematang Reba.

Dengan pelayanan siaga 24 jam ini, maka masyarakat bisa menikmati pelayanan kesehatan kapan saja. Tidak hanya masyarakat setempat melainkan juga masyarakat yang sedang dalam perjalanan saat mudik nanti, sebutnya.

"Untuk para pemudik yang membutuhkan pelayanaan kesehatan saat mudik, ada 9 Puskesmas dan 1 rumah sakit di Kabupaten Inhu yang letaknya berada pada jalur lintas arus mudik, 4 di jalur lintas timur, 4 di jalur lintas Inhu-Kuansing dan 2 di jalur Inhu-Inhil," sebutnya.

Di jalur lintas timur, ada Puskesmas Seberida, Pangkalan Kasai, RSUD Pematang Reba dan Puskesmas Lirik. Di lintas Inhu-Kuansing, ada Puskesmas Pasir Penyu, Sei Lala, Polak Pisang dan Puskesmas Peranap. Sedangan untuk jalur Inhu-Inhil ada Puskesmas Sepayung dan Puskesmas Kuala Cenaku.

"Secara keseluruhan,  Puskesmas yang sudah membuka pelayanan 24 jam ada 18 Pukesmas. Bersamaan dengan itu, 126 Pustu dalam wilayah kerja Diskes Inhu juga telah melaksanakan layanan 24 jam yang juga dilengkapi call center. Ini merupakan upaya Pemkab Inhu untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat," tutup mantan Sekretaris Dispenda Inhu itu.jef