RENGAT,GORIAU.COM - Sehubungan dengan adanya rencana Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mendirikan Universitas Indragiri (UI) dibawah naungan Yayasan Pendidikan Indragiri (YPI), Bupati Inhu, H Yopi Arianto jalin kerjasama dengan Universitas Padjajaran (Unpad). Kerjasama tersebut yakni dalam bentuk pendampingan terhadap pendirian UI di Inhu yang ditargetkan Maret mendatang telah memperoleh izin dari pemerintah.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penendatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unpad dengan Pemkab Inhu yang bertempat di kampus Unpad, Jatinangor, Jawa Barat, Selasa (17/2/2015).

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua YPI, H Sunardi Ibrahim, Direktur Akademi Kebidanan Indragiri, Venny Rismawati SST MPH, Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Indragiri (STTI), Sri Guntur ST, MT serta Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indragiri yang diwakilkan, Usep Sudrajat SE MM. Selain itu juga hadir, Asisten Pemerintahan dan Kesra, H Asriyan, Kepala Dinas Pendidikan Inhu, H Ujang Sudrajat dan Kabag Humas Inhu, Jawalter.

Sementara itu, dari Unpad langsung dihadiri Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama, Dr med Setiawan, Kepala Penjaminan Mutu Unpad, Prof Sunardi Wiraputra, Koordinator Pembelajaran LP3M, Dr Reiza Dinaputra, Aksesor Dikti, Prof Tarkus Suganda serta Koordinator Program Studi Ilmu Pemerintahan Unpad, Dr H Nandang Alamsah Deliarnoor SH dan sejumlah dosen dan guru besar Unpad.

Dalam kesempatan itu, Bupati Inhu, H Yopi Arianto juga mendapat kesempatan memberikan kuliah umum dihadapan ratusan mahasiswa dan dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Unpad.

Saat memberikan kuliah umum tersebut, Bupati Inhu itu menyampaikan sejumlah upaya yang dilakukannya sejak awal memimpin Kabupaten Inhu hingga saat ini, mulai dari agenda reformasi birokrasi sebagai upaya peningkatan disiplin PNS dan pelayanan prima terhadap masyarakat, pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, infrastuktur, keagamaan dan sosial hingga upaya menjemput aspirasi masyarakat melalui agenda touring menggunakan sepeda motor bersama para pejabat di lingkungan Pemkab Inhu.

Kuliah umum tersebut cukup mendapat antusiasme dari mahasiswa dan dosen Unpad. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Bupati Inhu itu. Bahkan beberapa mahasiswa dan dosen tertarik berkunjung ke Kabupaten Inhu untuk melihat sejumlah hasil pembangunan yang sudah dilaksanakan selama pemerintahan dirinya selaku kepala daerah.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Inhu memberikan apresiasi kepada Unpad yang telah bersedia bekerjasama dengan Pemkab Inhu dan YPI untuk pendirian Universitas Indragiri. Sebab, pendirian UI itu merupakan jawaban dari tantangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Inhu.

"Kami memilih Unpad sebagai pendamping, karena Unpad merupakan perguruan tinggi negeri yang dinilai baik dalam pengelolaan kampus dan sudah punya pengalaman dan prestasi panjang di Indonesia ini. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan Unpad juga bisa bekerja sama dalam peningkatan SDM bagi PNS dan masyarakat Inhu. Semoga saja, niat baik ini akan menghasilkan sesuatu yang baik pula bagi Kabupaten Inhu", pungkasnya.

Sementara itu, Unpad menilai Bupati Inhu, H Yopi Arianto memiliki gaya kepemimpinan tersendiri dalam memimpin Kabupaten Inhu, salah satunya dengan melaksanakan touring menggunakan sepeda motor untuk menyerap langsung aspirasi masyarakat. Sehingga, pengalaman yang sudah dilakukan Bupati Inhu itu dapat diberikan kepada mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan dan para dosen untuk menjadi salah satu bahan studi. Apalagi Program Studi Ilmu Pemerintahan Fisip Unpad saat ini memiliki 4 guru besar tetap dan satu guru besar tidak tetap di bidang pemerintahan dan otonomi daerah.

"Terimakasih kepada Pemkab Inhu dan YPI yang sudah memberikan kepercayaan kepada Unpad untuk melakukan pendampingan dalam pendirian UI di Inhu. Bahkan beberapa waktu lalu tim Unpad sudah berkunjung ke Kabupaten Inhu dan akan kembali datang untuk membantu Pemkab Inhu mewujudkan Universitas Indragiri", singkat Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama, Dr med Setiawan.(jef)