RENGAT,GORIAU.COM - Sebanyak 2.282 guru Taman Pembelajaran Al Quran (TPA) yang terdiri dari TPQ, MDTA dan MDTW se Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau terima dana insentif dari Pemerintah Daerah (Pemda) Inhu. Setiap satu orang, mereka menerima sebesar Rp1,8 juta.

"Kita sudah bayarkan dana insentif para guru TPQ, MDTA dan MDTW tersebut melalui KUPT Dinas Pendidikan masing-masing dengan besaran Rp300.000 dalam satu bulan. Jika dikalkulasikan selama 6 bulan, satu orang guru memerima sebesar Rp1,8 juta. Pembayaran itu sudah kita lakukan pada, Sabtu dan Senin (6/7/2015) kemaren terhitung sejak Januari-Juni 2015", ujar Kakan Kementrian Agama (Kemenag) H Abdul Kadir melalui Kasi Pendidikan Dinia dan Ponpes Marjoni S.Pdi, Selasa (7/7/2015).

Disebutkan Marjoni, guru yang menerima intensif tersebut berasal dari 343 lembaga pendidikan Al Quran, 144 orang guru TPQ, 286 guru MDTA dan 13 guru MDTW.

Pemberian insentif ini adalah bentuk perhatian pemerintah pada guru tersebut. Karena atas peran mereka, Inhu terlepas dari buta aksara Al Quran. Dengan adanya insentif ini, diharapkan kedepan mereka bisa terus semangat dan iklas dalam menjalankan tugas mereka, terlebih ini merupakan bagian dari pekerjaan sosial, tuturnya.

"Dana insentif ini merupakan bantuan Pemkab Inhu melalui DPA SKPD Dinas Pendidikan. Kita dari Kemenag hanya sebagai penyelenggara. Dengan demikian, kita mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Inhu dalam hal ini Bupati Inhu H Yopi Arianto yang sudah peduli dengan upaya pengentasan buta aksara Al Quran ini", tutupnya.

(jef)