RENGAT,GORIAU.COM - Sejak sore hingga malam ini, nedri gerbang sari mulai terang. Pasalnya asap pekat yang sebelumnya menyelimuti daerah itu berangsur hilang dan masyarakat sedikit lebih legah.

"Alhamdulilah, sejak sore hingga malam ini, asap mulai meninggalkan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), kondisi udara sedikit lebih segar," ujar Arnalis (27) warga Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat kepada GoRiau.Com, Minggu (4/10/2015) malam.

Disebutkannya, beberapa waktu lalu dirinya sempat jatuh sakit akibat asap. "Dua hari lalu, saya sempat jatuh sakit, nafas saya sesak, tubuh saya meriang dan lemas. Beruntung saya cepat mendapatkan perawatan medis," sebutnya.

Dengan demikian, sebagai masyarakat dirinya hanya bisa berharap agar asap yang sebelumnya bagaikan azab bagi masyarakat Inhu itu bisa berakhir. Dan dirinya juga berharap turunnya hujan yang bisa menyapu debu-debu yang tersisa akibat kebakaran lahan dan hutan beberapa waktu lalu.

"Selain bisa menyapu dan membersihkan debu yang tersisa, dengan turunnya hujan tentunya akan bisa mengatasi kekeringan yang saat ini dialami masyarakat Inhu saat ini. Ya Allah, hentikanlah azab ini, turunkanlah berkah Mu untuk daerah dan masyarakat Inhu", pungkasnya berharap.(jef)