RENGAT, GORIAU.COM - Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara yang digelar KPU Inhu di Gedung Sejuta Sungkai, Rengat, Kamis (17/7/2014), diketahui pasangan Jokowi-JK mengungguli Prabowo-Hatta di Indragiri Hulu.

Pasangan nomor urut 2 Jokowi-JK berhasil meraih 97.460 suara atau 54,9 persen, sedangkan Prabowo-Hatta meraih 80.054 suara atau 45,1 persen.

Ketua KPU Inhu Muhammad Amin mengungkapkan bahwa secara umum pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara Pilpres di Gedung Sejuta Sungkai Rengat berjalan lancar.

 Rapat pleno dihadiri Ketua KPU Riau Nurhamin, anggota Bawaslu Riau Fitri Heriyanti, Wakil Bupati Inhu H Harman Harmaini, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) serta saksi dari kedua pasangan. "Hasil pleno di tingkat Kabupaten Inhu ini selanjutnya akan kita bawa ke Pekanbaru untuk pleno tingkat Provinsi Riau," jelasnya.

 Disebutkan Amin, pada Pilres ini tingkat partisipasi pemilih menurun jika dibanding pemilu legislatif lalu. Namun demikian meningkat dari Pilgubri yang hanya 44 persen. "Yang jelas kita bersyukur, karena pelaksanaan Pemilu presiden dan wakil presiden di Kabupaten Inhu sudah berjalan secara lancar dan aman," tutupnya.

Dari data diperoleh, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu presiden di Kabupaten Inhu mencapai 59,7 persen. Dari 299.133 pemilih terdaftar dalam DPT, yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 178.647 pemilih. Tingkat partisipasi tersebut menurun jika dibanding Pemilu legislatif 2014 lalu di Kabupaten Inhu yang mencapai 66 persen.jef