RENGAT,GORIAU.COM - Bertempat di Desa Kepayang Sari, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Pemerintah Kabupaten Inhu melalui Dinas Pertanian Inhu gelar panen raya padi gogo diatas areal seluas 528 hektar, Minggu (22/2/2015) akhir pekan kemaren.

"Setelah panen raya padi gogo di Desa Cenaku Kecil, Batang Cenaku beberapa waktu lalu, pada Minggu (22/2/2015) kemaren, kita juga melaksanakan hal yang sana, tepatnya di Desa Kepayang Sari. Padi gogo ini merupakan tanaman sela masyarakat yang dikelola oleh masing-masing Kelompok Tani (Poktan), dengan jumlah kelompoknya sebanyak 360 orang", ujar Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Inhu, Rahmat, Senin (23/2/2015) di Pematang Reba.

Kegiatan panen raya padi gogo tersebut, kata Rahmat, langsung dibuka Bupati Inhu, H Yopi Arianto dan dihadiri Ketua DPRD Inhu, Miswanto, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Edison S Sinabutar, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Camat, Kepala Desa se Kecamatan Batang Cenaku serta tokoh masyarakat setempat.

"Panen raya ini merupakan salah satu upaya mewujudkan swasembada padi di Kabupaten Inhu. Selain tanaman padi sawah, kita dari Dinas Pertanian TPH Inhu juga menggalakan tanaman padi gogo. Karena selain mudah proses penanamannya, padi gogo ini merupakan tanaman sela yang hasilnya sangat menjanjikan", sebutnya.

Dalam panen kali ini, produktivitas padi yang yang ditanam para Poktan cukup luar biasa. Dalam satu hetar lahan yang mereka tanam, padi yang dihasilkan mencapai 3,6 ton. Hasil ini sangat menjanjikan untuk menambah penghasilan para petani.

Ditambahkan, Rahmat, yang juga ketua pelaksana panen raya itu menyebutkan bahwa, panen raya padi gogo ini merupakan salah satu rencana kerja Dinas Pertanian TPH Inhu tahun 2015. Dengan ini pihaknya menharapkan para petani mampu meningkatkan produktifitas dan produksi padi di Kabupaten Inhu pada panen berikutnya.

"Areal panen raya padi ini memiliki luas +528 Ha terdiri dari 8 kelompok tani dengan 360 anggota tani dengan rata-rata jumlah panen 3,6 ton per hektar. Kita berharap semoga kedepan produksi padi di Kecamatan Batang Cenaku terus meningkat, sehingga mampu mewujudkan Kabupaten Inhu sebagai swasembada padi atau pangan", pungkasnya menjelaskan.(jef)