RENGAT,GORIAU.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dalam waktu dekat ini akan melaksanakan pelatihan pembuatan Pres Release bagi kalangan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu.

Bertempat di aula Bappeda Inhu, Pelatihan tersebut direncanakan akan dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Inhu H Kasiarudin, Selasa (17/11/2015) minggu depan. Sedangkan nara sumber yaitu, Ketua PWI Riau H Dheni Kurnia dan Sekretaris PWI Riau Eka Putra.

"Pelatihan ini kita buat agar pihak pemerintah mengetahui sejarah Pers atau wartawan. Bagaimana wartawan itu sesungguhnya dan bagaimana aturan-aturan yang ada pada jurnalis seperti undang-undang dan kode etik yang berlaku," ujar Ketua PWI Inhu Kasmedi kepada GoRiau.com, Kamis (12/11/2015) di Pematang Reba.

Selama ini banyak kalangan pemerintah yang memandang negatif terhadap Pers. Maka, dengan adanya pelatihan ini, tentunya bisa menepis sangkaan buruk tersebut. Sebab, rusaknya citra Pers itu adalah akibat ulah oknum-oknum wartawan gadungan yang memang tidak bisa dipertanggung jawabkan keadibilitas mereka, sebut Kasmedi.Dengan demikian, melalui kegiatan ini, sepak terjang wartawan gadungan (wargad) tersebut tentu dengan sendirinya akan tertutup, tegasnya.

Selain itu, tujuan pelatihan ini juga untuk menambah wawasan atau pengetahuan PNS dalam menulis sebuah berita yang benar, baik untuk dimuat di website, maupun untuk membuat press Release yang berisi informasi yang memang dibutuhkan oleh sebauah media atau wartawan yang dituju.

Terlebih, saat ini sudah hampir seluruh instansi yang sudah memiliki website sendiri. Dengan mereka mengetahui tata cara penulisan berita, pemegang admin website yang ada pada instansi tersebut, tentunya bisa mempublikasikan sendiri kegiata-kegiatan positif yang ada pada instansi tersebut, tutup Kasmedi.(jef)