RENGAT, GORIAU.COM - Hujan yang mengguyur Kabupeten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, pada Sabtu siang hingga malam (20/9/2014), melenyapkan kabut asap kibat kebakaran lahan dan hutan di beberapa willayah di Inhu.

Hal ini membuat warga Inhu senang dan bersyukur. Udara yang sebelumnya tidak sehat, kini kembali steril.

''Alhamdulillah, hujan mengguyur Kabupaten Inhu, sehingga kabut asap hilang. Diharapkan asap tak lagi timbul dan titik api pun padam", ungkap Dini, Minggu(21/9/2014).

Dikatakan ibu satu anak ini, sejak beberapa hari terakhir, kabut asap kian tebal, sehinga menghawatirkan kesehatan, terebih terhadap anak-anak. Namun pagi ini udara terasa lebih segar yang sebelumnya sempat sesak akibat asap, sebutnya.

Ungapan serupa juga disebukan Elvi, warga Perumahan Gria Bumi Bhakti, Pematang Reba, dimana, Ia yang sehari-hari sebagai instrukur senam itu bisa kembali beraktivitas.

''Biasanya saya setiap hari menjadi instrukur senam, sejak sepekan terakhir kami sepakat menstop dulu senam di lapangan, karena udaranya tidak baik, dan alhamdulillah hari ini kabut telah besih karena diguyur hujan seharian dan saya bisa kembali beraktivitas seperti biasa," sebut Elvi.

Pantauan di lapangan, sejak pukul 10.00 WIB, kabut asap memang sudah tidak terlihat lagi di Kota Rengat dan Pematang Reba. Sementara cuaca terlihat mendung seakan hujan akan kembali mengguyur bumi gerbang sari itu.(jef)