RENGAT, GORIAU.COM - Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) H Yopi Arianto pimpin prosesi wisuda dan pengambilan sumpah jabatan 78 mahasiswi Akademi Kebidanan (Akbid) Indragiri, Rengat angkatan IX, Kamis (4/9/2014). Bertempat di Gedung Dewan Kesenian Inhu.

Acara tersebut juga dihadiri langsung perwakilan Kopertis Wilayah X, Yandri A, SH MH. Turut hadir Ketua Yayasan Pendidikan Indragiri (YPI) H Sunardi Ibrahim, pimpinan perguruan tinggi se Inhu, para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu serta orang tua wisudawati.

Bupati Inhu H Yopi Arianto dalam arahannya, selamat mahasiswi yang diwisuda. Diharapkan ilmu yang didapat ini bisa diaplikasikan ditengah-tengah masyarakat.

"Masyarakat dan pemerintah masih sangat membutuhkan bidan, tetapi yang ikhlas dan benar-benar tulus mau mengabdikan dirinya untuk masyarakat. Sehingga keberadaan bidan tersebut dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya.

"Pemkab Inhu tetap berkomitmen untuk memenuhi dan meningkatkan kebutuhan dasar masyarakat, salah satunya dibidang kesehatan," tandasnya.

"Sebelum di wisuda dan diambil sumpahnya sebagai bidan, mahasiswi Akbid ini harus melewati 4 tahapan ujian. Alhamdulillah, hari ini kerja keras mahasiswi ini terbayar dengan dilaksanakanya wisuda ini," ujar Direktur Akbid Indragiri Venny Rismawanti, SST, MPH, Kamis (4/9/2014).

Venny menjelaskan sejak berdiri tahun 2003 hingga 2014 atau selama 11 tahun, sejumlah prestasi dan kemajuan telah diraih Akbid Indragiri Rengat, salah satunya keberhasilan meraih akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Bahkan di Provinsi Riau hanya 3 kampus Akbid yang telah meraih akreditasi B, satu diantaranya Akbid Indragiri, tandasnya.

Perwakilan Kopertis X, Yandri A, SH mengungkapkan Akbid Indragiri merupakan salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) dibawah naungan Kopertis Wilayah X yang telah dipercaya masyarakat dan telah terakreditasi B.

"Terdapat 247 perguruan tinggi swasta dengan 850 program studi dibawah pengawasan dan pembinaan Kopertis Wilayah X. Dari jumlah tersebut, hanya 114 program studi yang sudah terakreditasi B. Khusus di Riau, terdapat 15 program studi yang sudah akreditasi B, satu diantaranya Akbid Indragiri," ujarnya.

Sebagai lembaga yang berfungsi melakukan pegawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap PTS, Kopertis Wilayah X menilai Akbid Indragiri merupakan salah satu PTS yang sehat.

Hal dapat dilihat dari beberapa faktor, diantaranya tidak ada konflik kepentingan, legalitas sudah jelas, sarana dan prasarana yang dimiliki sudah cukup dan program studi sudah terakreditasi.

"Diharapkan wisudawati ini agar tidak berhenti sampai Disini saja, sebab lulusan Akbid Indragiri masih bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dan S2," ucapnya.(jef)