RENGAT,GORIAU.COM - Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) H Yopi Arianto tak hadir dalam upacara peringatan Hari Ibu ke-86 yang dilaksanakan di lapangan upacara halaman Kantor Bupati Inhu. Hingga upacara selesai, Yopi tidak terlihat di lokasi.

Kabag Humas Pemkab Inhu, Jawalter, S.Pd, saat dikonfirmasi membenarkan Bupati Inhu tidak hadir saat upacara peringatan Hari Ibu tersebut. "Pak bupati sedang dinas luar kota, sehingga Pak Wabup yang menggantikan sebagai Irup saat upacara tersebut", ujarnya Senin, (22/12/2014).

Dalam arahannya, Wabup Inhu, H Harman Harmaini, menyebutkan bahwa perempuan indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Sehubungan dengan hal tersebut, maka peringatan Hari Ibu tahun ini mengusung tema "kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan menuju indonesia berdaulat, mandiri dan berkepribadian".

Selain dimaksudkan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan dalam merebut kemerdekaan. Peringatan Hari Ibu ini juga dimaksudkan untuk mempertebal tekad dan keyakinan bangsa indonesia dalam mewujudkan perdamaian yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan, sebutnya.

Peringatan Hari Ibu pada dasarnya untuk mengingatkan kita agar tetap memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi peran dan kiprah perempuan dalam berbagai sektor kehidupan. Peringatan hari ibu ini juga membawa pengaruh positif pola pikir dan cara pandang masyarakat pada umumnya, tambahnya.

"Dengan demikian, peringatan hari ibu tahun 2014 ini diharapkan dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki pada setiap aspek kehidupan, baik didalam keluarga, masyarakat, maupun Bangsa dan Negara untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan", tegas Wabub.(jef)