RENGAT, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar peringatan Nuzul Quran di Masjid Raya Ar-Rahman, Kelurahan Kampung Besar Kota, Kecamatan Rengat, Kamis (17/7/2014) malam.

Bupati Inhu H Yopi Arianto dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bappeda Inhu Junaidi Rachmad mengatakan, peringatan Nuzul Quran sangat penting bagi umat Islam.

"Diturunkannya oleh Allah SWT Alquran kepada Nabi Muhammad SAW sebuah peristiwa besar yang membuktikan kerasulan dan mikjizat Nabi Muhammad SAW," sebutnya.

Karena itu, Bupati mengajak masyarakat Inhu, khususnya yang beragama Islam untuk terus membaca dan mengamalkan Alquran sesuai dengan ayat yang pertama turun, yakni perintah membaca. "Agar setiap pribadi terus meningkatkan kualitas diri masing-masing. Mari jadikan Alquran sebagai pedoman hidup," ajaknya.

Para orangtua, diharapkan Bupati membiasakan membaca Alquran serta mendidik anak-anaknya mendalam dan memahami Alquran serta mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, agar generasi ini memiliki dasar iman tan takwa saat besar kelak.

Sementara itu, Ustaz Ade Abdul Aziz dalam tausyiahnya mengatakan, jika umat Muhammad ingin selamat saat hidup di dunia dan akhirat, maka harus berpegangh teguh kepada Alquran dan sunah Rasulullah.

"Dengan peringatan Nuzul Quran ini, mari kita bersama-sama kembali kepada yang namanya AlQuran, iman dan takwa. Mari kita jalin hubungan antar sesama, baik antar umat seagama maupun antar umat beragama. Yang terpenting adalah antar sesama muslim tingkatkan ukhuwah Islamiyah agar kita tidak terpecah belah," tutupnya.***