RENGAT, GORIAU.COM - Setelah enam partai politik (Parpol) yang memiliki wakilnya di DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menyampaikan nama dan ketua fraksinya, kali ini giliran Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang menyampaikan nama ketua dan fraksinya ke DPRD.

Ketua DPK PKPI Inhu, Yuridis kepada GoRiau.com, Senin (22/9/2014) malam tadi menyebutkan bahwa, partai yang dipimpinnya itu berkoalisi dengan dua partai lain untuk membangun sebuah fraksi di DPRD Inhu.

PKPI berkoalisi dengan PBB dan PKB membentuk satu fraksi, yakni Fraksi Bintang Kebangkitan Indonesia (FBKI). Untuk ketua fraksinya, Edi Supirman dari PKPI dan Sekretaris Heri Sukardi dari PKB, sebutnya.

"Fraksi ini berjumlah 4 kursi, yaitu PKPI 2 kursi, PBB 1 kursi dan PKB 1 kursi. Untuk menjadi sebuah fraksi ini sudah cukup, karena telah memenuhi 10 persen dari jumlah kursi di DPRD", jelas Yuridis yang juga mantan Anggota DPRD Inhu dua periode itu.

Sebeumnya, 6 Parpol lain juga telah mengajukan nama dan ketua fraksinya ke DPRD Inhu, diantaranya, Golkar, Gerindra, Hanura, PPP, Pan dan PKS. Untuk PAN dan PKS bergabung menjadi satu fraksi.

Sedangkan partai Demokrat, PDIP dan Nasdem, sejauh ini belum ajukan menyampaikan nama fraksi dan ketuanya ke DPRD Inhu.(jef)