RENGAT, GORIAU.COM - Seorang karyawan tewas mengenaskan di stasiun sterilizer pabrik kelapa sawit (PKS) milik PT Swakarsa Sawit Raya (SSR) di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Senin (7/7/2014), sekitar pukul 19.10 WIB.

Korban bernama Aan Berdaya Roasi Berlianson Manalu (24) asal Sumatera Utara. Korban tinggal di Desa Bukit Petaling, Kecamatan Rengat Barat. Dugaan sementara, korban meninggal murni karena kecelakaan kerja. 

Kepala Bidang (Kabid) Ketenagakerjaan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dissosnakertrans) Inhu R Jhon Efendi, menjawab Goriau.com Selasa (8/7/2014), di ruang kerjanya mengatakan, berdasarkan laporan dari pihak PT SSR, kejadian tersebut murni kecelakaan.

"Korban bersama 2 orang rekannya sedang melakukan pekerjaan perbaikan terhadap as chain sterilizer nomor 03 (botton) yang rusak sejak Hari Minggu (6/7). Sekitar pukul 19,05 WIB korban diinstruksikan untuk istirahat. Sambil membereskan peralatan korban melihat salah satu alat yang tertinggal dan mengambilnya. Naas korban terpeleset dan jatuh ke dalam cut sterilizer yang terhubung dengan sterilizer fruit bunch conveyor yang sedang beroperasi," katanya.

Melihat kejadian itu, rekan korban langsung mematikan semua kegiatan produksi dan mesin serta menghidupkan alarm tanda bahaya pabrik. Setelah membuka cover conveyor korban berhasil dikeluarkan sekitar pukul 19.25 WIB dan dilarikan ke RSUD Indrasari Pematang Reba.

"Akibat uap panas cover conveyor itu membuat semua tubuh korban melepuh dan akhirnya meninggal dunia," terang Jhon Efendi.

Untuk diketahui, Bupati Inhu Yopi Arianto, meresmikan pabrik tersebut pada Selasa, 25 Maret 2014 lalu. Hingga berita ini ditulis, tidak seorang pun pihak perusahaan yang berhasil dikonfirmasi. jef