RENGAT,GORIAU.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau kembali meliburkan sekolah hingga, Rabu (30/9/2015) mendatang. Hal itu disebabkan karena bencana asap di kabupaten itu semakin pekat.

"Mulai, Senin hingga Rabu (28-30/9/2015) seluruh sekolah diliburkan, mulai dari TK sampai SMA. Akan tetapi, guru tetap masuk atau hadir ke sekolah," ujar Kadisdik Inhu Ujang Sudrajat melalui Sekretarisnya Winaldi, Minggu (27/9/2015) malam via selulernya.

Kebijakan meliburkan siswa atau pelajar ini mengingat asap mengancam kesehatan, terlebih yang masih kanak-kanak yang rentan akan penyakit. "Ini merupakan kabut asap terparah sejak bencana ini muncul", ujarnya.

Dengan demikian, dirinya berharap kepada orangtua atau wali untuk dapat menjaga anak-anak di rumah agar tidak berkeliaran atau bermain keluar rumah. Selain itu, hendaknya orangtua juga bisa mendampingi anak untuk belajar, sehingga materi pelajaran mereka tidak ketinggalan.

"Saat dirumah, peran orangtua tentu sangat besar dalam menjaga anak-anak mereka, terutama saat mendampingi anak ketika belajar. Begitu juga kepada para murid, kita harapkan libur sekolah ini tidaklah mereka gunakan untuk hura-hura atau bermain melainkan untuk belajar. Sehingga, materi pelajaran yang diberikan guru kepada mereka tidak jauh tertinggal", pungkas Winaldi.(jef)