RENGAT,GORIAU.COM - Sepertinya aksi pencurian di SMA Negri 1 Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, ini telah direncanakan pelaku dengan matang. Hal itu diketahui dari cara pelaku memasuki ruangan sarana dan prasana sekolah tersebut untuk mengambil 2 unit proyektor dan 2 unit speaker aktif serta lampu emergency milik sekolah itu.

Dari hasil penyelidikan polisi, diduga pelaku berhasil masuk kedalam ruang sarana dan prasarana sekolah dengan cara merusak plafond luar dan dalam ruangan. Akibatnya, SMAN 1 Lirik mengalami kerugian senilai Rp11 juta.

"Kejadian ini baru diketahui ketika salah seorang guru atas nama, Agung Priambudi, akan mengambil proyektor di ruang sarana dan prasarana sekolah pada, Senin (26/1/2015) kemaren sekitar pukul 08.30 WIB untuk kegiatan belajar. Namun saat memasuki ruangan itu, proyektor yang akan diambil sudah tidak ada lagi ditempatnya", ujar Kapolres Inhu, AKBP Ari Wibowo melalui Kasubag Humas, Iptu Yarmen Djambak, Selasa (27/1/2015) via pesan elektroniknya.

Mengetahui kejadian itu, Agung langsung melaporkan kepada kepala sekolah dan melakukan pengecekan. Saat dicek, ternyata bukan 1 proyektor yang hilang melainkan 2 unit masing-masing merk Acer dan Epson. Selain itu, dua unit speaker aktif dan lampu emergency juga raib digondol maling, sebut Yarmen.

"Saat ini kasus tersebut sedang dalam penyelidikan pihak Polsek Lirik atas laporan yang disampaikan pihak sekolah melalui seorang guru atas nama, Agung Priambudi dengan nomor laporan, LP/02/I/2015/Riau/Res Inhu/Sek Lirik tertanggal 26 Januari 2015", jelas Yarmen.(jef)