RENGAT,GORIAU.COM - Setelah menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula tingkat pelajar setara SMA sederajat di Kecamatan Rengat dan Kuala Cenaku, hari ini Kamis (8/10/2015), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kembali menggelar hal yang sama untuk pelajar Kecamatan Kelayang, Peranap dan Batang Peranap.

Acara sosialisasi tersebut dipusatkan di Aula SMA Negri 1 Peranap yang diikuti 100 orang pelajar perwakilan masing-masing sekolah yang ada di kecamatan itu.

Kepala SMAN 1 Peranap Drs Sri Widodo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada KPU Inhu yang telah memilih SMAN 1 Peranap sebagai tempat pelaksanaan sosialisasi.

Dengan kegiatan ini, pelajar yang menjadi perwakilan sekolah diharapkan mampu menjadi corong informasi bagi rekan sejawat mereka dalam menyampaikan topik dan tujuan kegiatan ini.

"Kita berharap, kepada para peserta yang hadir yang merupakan calon pemilih pemula untuk dapat membantu mensosialisasikan kepada lingkungan tempat tinggal dan sekolah terkait pemilihan bupati dan wakil bupati Inhu yang akan dilaksanakan 9 Desember 2015 mendatang. Satu suara menentukan nasib daerah ini," tegas Sri Widodo.

Dengan format acara yang dikemas KPU, sosialisasi berjalan asik, santai dan berkesan. Para peserta sangat tertarik dan antusias mengikuti jalannya sosialisasi.

"Kita mengemas kegiatan itu sedemikian rupa, sehingga para peserta tidak merasa bosan dan terbeban selama acara berlangsung. Adapun materi yang kita sampaikan yaitu, sejarah pemilu dan perjalanan pilkada langsung di Inhu, bagai mana menjadi pemilih cerdas dan materi-materi seputaran tata cara pemilihan", jelas Ketua KPU Inhu Muhammad Amin kepada GoRiau.Com.

Tidak itu saja, untuk lebih memberi pemahaman kepada peserta, KPU sengaja membuat games edukatif berupa quis dan game berhadiah merchandise.

"Selain diikuti oleh seluruh komisoner KPU, pelajar dan guru pembimbing, kita juga mengundang ketua dan anggota PPK masing-masing kecamatan", tegasnya.

Amin menambahkan, setelah di Kecamatan Peranap, dalam beberapa waktu kedepan, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan serupa di zona II dan Zona IV.

Untuk zona II akan dilaksanakan di Kecamatan Rengat Barat, dengan peserta perwakilan pelajar di Kecamatan Rengat Barat, Seberida, Batang Gangsal, Batang Cenaku serta BEM STIE I, STAI Madinatun Najah dan Politeknik Indragiri.

Sementara untuk zona IV, sosialisasi akan dilaksanakan di Kecamatan Pasir Penyu, dengan peserta perwakilan pelajar di kecamatan itu, kecamatan Lirik, Sei Lala dan Lubuk Batu Jaya serta BEM STAI Nurul Falah, pungkas Amin menjelaskan.(jef)