RENGAT- Bertempat di Gedung Sejuta Sungkai Rengat, 40 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Indragiri Hulu ikuti diklat kepemimpinan tingkat IV angkatan I Provinsi Riau tahun 2016.

Diklat dibuka secara resmi oleh Plt Asisten Administrasi Umum Setda Inhu H Hendrizal, Selasa (12/7/2016). Sesuai jadwal, diklat akan berlangsung selama 97 hari kerja.

Sekretaris BKD Inhu, Dedi Ekarya dalam laporannya menyampaikan bahwa, 40 orang yang mengikuti diklat itu terdiri dari 25 laki-laki dan 15 perempuan, peserta pada umumnya pejabat eselon IV.

"Diklat Pim IV ini bertujuan untuk membentuk kompetensi operasional para pejabat eselon IV di lingkungan Pemkab Inhu," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Diklat BKP2D Provinsi Riau, H Damsal menyampaikan bahwa, Kabupaten Inhu merupakan kabupaten/kota pertama di Provinsi Riau yang melaksanakan Diklat Pim IV dan telah memperoleh persetujuan dari BKP2D Riau.

Ini merupakan diklat pola baru dan banyak perubahan yang signifikan dalam pelaksanaannya, baik dari segi waktu, metode pembelajaran dan lainnya. ,

Dengan demikian, dirinya berharap kepada para peserta agar serius dalam mengikuti diklat. "Jika hasilnya tidak sesuai, maka kelulusan dapat saja kita ditunda," tegasnya.

Damsal menambahkan, ada dua laporan yang harus diselesaikan oleh masing-masing peserta, yakni seminar awal dan seminar akhir untuk menyelesaikan proyek perubahan dan diharapkan dapat diimplementasikan dalam melaksanakan tugas di instansi masing-masing, tukasnya.

Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto dalam arahannya yang disampaikan Plt Asisten Administrasi Umum Setda Inhu H Hendrizal menegaskan bahwa, ASN merupakan unsur penting dalam keberhasilan pembangunan.

Karena itu, ASN harus memiliki kompetensi, yakin dengan diri sendiri dan jangan malu menyatakan jika ia bertugas di Kabupaten Inhu.

"Saya berharap seluruh peserta diklat Pim IV ini dapat meningkatkan kompetensi, sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada masyarakat, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," tegasnya.***