TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menerangkan bahwa, Pemerintah Kabupaten melalui program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) akan melakukan penilaian secara berkala terhadap seluruh desa yang ada di Negeri Seribu Parit ini.

Hal tersebut dikatakannya, untuk memotivasi masyarakat desa agar lebih memajukan desa masing-masing.

''Secara konsisten akan kita lakukan penilaian, tujuannya untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar berlomba-lomba memperbaiki desa mereka,'' tukas HM Wardan.

Ia menambahkan, melalui DMIJ itu, kategori desa mulai dari yang terendah yaitu Swadaya mendapatkan anggara sebesar Rp 350 juta dan Desa Maju sebesar Rp1,2 miliar.

Maka dari itulah, dikatakannya jika sebuah desa masih dalam kategori Swadaya, maka masyarakatnya harus berusaha saling bekerjasama agar level desa meningkat menjadi desa Swakarya, Swasembada, lalu menjadi Desa Maju.

''Memang tidak mudah dari Swadaya menjadi Swakarya, karena ada 80 indikator yang harus dipenuhi, namun demikian, jika dilakukan bersama-sama, saya yakin suatu desa dapat naik level setiap tahunnya hingga jadi Desa Maju,'' tukas Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini.(ayu)