TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Manusia dan Jin adalah dua golongan makhluk yang diciptakan Allah untuk menempati dunia ini. Meskipun hidup berdampingan, namun terkadang manusia tidak menyadari kehadiran mereka. Berbeda dengan Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) di Indragiri Hilir (Inhil), mereka merasa saat memadamkan api, makhluk yang tidak kasat mata itu turut membantu.

Seperti penuturan salah seorang anggota Damkar, Ahmad Alhadi, kepada GoRiau.com, Senin (13/10/2014), ia bercerita ketika anggota Damkar dibantu beberapa makhluk halus saat memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 3 hari yang lalu, Kamis (9/10/2014) malam di Pekan Arba Tembilahan.

''Ketika itu pada Kamis malam, sekitar tengah malam. Kita memadamkan api di Jalan Pekan Arba, saat itu kita semua merasa aneh. Kita hapal kok jumlah anggota yang turun ke lapangan, tapi pas padamkan api, kenapa banyak sekali orangnya. Padahal di sana bukan lokasi rumah penduduk,'' ujar Ahmad menuturkan.

Meski merasa aneh, namun dikatakannya, bersama teman-teman lainnya ia tetap terus memadamkan api. Dan sekekali menegur mereka (jin) yang ikut memadamkan api, meskipun dikataknnya agak sedikit aneh.

''Mungkin yang kebakar itu termasuk tempat tinggal mereka, jadi mereka juga ikut membantu. Kita merasa senang aja, karena mereka ikut membantu,'' tambah Ahmad.

Ditambah lagi, saat memdamkan api itu, dikatakan Ahmad, terlihat sekeluarga harimau yang juga berada di sana. ''Tapi harimau itu juga tidak ganggu, karena dia mengetahui kita sedang membantu menyelamatkan tempat tinggalnya,'' ujarnya.

Selain memadamkan Karhutla di Pekan Arba, kejadian seperti ini dikatakan Ahmad juga sering terjadi ketika anggota Damkar memadamkan api saat terjadi kebakaran rumah di Tembilahan.

''Kadang ketika kita padamkan api, ada orang di atas atap rumah, atau kadang ada rumah yang tidak terbakar, padahal apinya besar, lagian mana manusia dan tidak kita bisa membedakannya,'' jelas Ahmad.

Mau percaya atau tidak, namun dikatakan Ahmad. Selain manusia memang ada Jin yang hidup di muka bumi ini. Mereka terkadang menampakan diri dihadapan manusia, namun terlepas dari itu semua, asal tidak saling mengganggu. Bukan suatu masalah yang besar.(ayu)