TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Sekitar 200 siswa dari Sekolah Dasar Negeri (SD) 017 dan 026 di Desa Pancur, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengikuti penyuluhan gosok gigi dan mencuci tangan menggunakan sabun yang dilaksankaan oleh Puskesmas Pengalihan yang bekerja sama dengan mahasiswa KKN UNRI, Sabtu (30/8/2014).

Penyuluhan massal yang merupakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ini dilaksanakan untuk mengurangi penyakit menular  dari virus atau pun bakteri yang dapat menimbulkan berbagai penyakit terutama dapat mengurangi setengah angka penyakit Diare.

dr Lili Sitanggang selaku tim dari Puskesmas Pengalihan mengatakan tujuan dari penyuluhan sikat gigi kepada siswa SD adalah mengajarkan kepada mereka sedini mungkin tentang pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Sedangkan mencuci tangan menggunakan sabun diajarkan, agar tangan para siswa bersih dari kuman-kuman penyakit.''Kita sudah berikan pengarahan waktu kapan saja kita harus cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir,'' kata dr Lili.

Adapun waktu yang dimaksud dia adalah sebelum dan sesudah makan, setelah buang air besar dan buang air kecil, sesudah bermain dan sesudah memegang hewan.

''Ini gerakan pertama kita, rencananya SD lainnyapun akan kita lakukan penyuluhan massal,''sebut dia.(ayu)