TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Memasuki Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 5 Oktober mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) membentuk kepanitian dalam menyambut Hari Raya Kurban, Selasa (30/9/2014).

Pembentukan kepanitian yang dilaksanakan di Kantor Bupati Inhil dipimpin oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Fauzan, serta diikuti Intansi terkait di Pemkab Inhil serta Kementerian Agama Inhil.

Sesuai dengan Idul Adha yang juga dikenal dengan Hari Raya Haji, maka berdasarkan keputusan Panitia Hari Besar Islam (PHBI), tema untuk pawai akbar Idul Adha disepakati dengan nama Baitullah Kiblat Umat Islam.

''Jadi seluruh peserta pawai harus menghiasi diri maupun kendaraan hias sesuai dengan tema,'' kata Fauzan.

Sementara itu kategori untuk mengikuti tema masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu kategori SLTP sederajat, SLTA sederajat dan Perguruan Tinggi, Masjid dan Majlis Taklim serta Surau dan Mushala.

''untuk hadiah pemenang pawai, Pemkab Inhil menyediakan dana sebesar Rp20 juta yang akan dibagi menjadi 4 kategori pemenang tersebut,'' tambah Fauzan.

Untuk rute sendiri, PHBI masih mencari rute yang sesuai, mengingat masih banyak ruas jalan yang dalam tahap perbaikan.(ayu)