TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Kecamatan Tanah Merah merupakan salah satu kecamatan yang paling sering terjadi bencana tanah longsor, karena hal itulah Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir memandang perlunya dibangun turap di sana.

Seperti yang dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Inhil, Alimuddin RM kepada wartawan belum lama ini, Pemkab memang pernah mewacanakan akan membangun turap di Tanah Merah.

''Melalui Dinas PU sudah pernah kita wacanakan, namun belum terlaksana,'' ujar Alimuddin.

Dikatakan Sekdakab, belum terlaksananya pembangunan turap tersebut dikarenakan belum dilakukannya pengkajian lebih dalam, terutama dilakukannya penelitian di daerah rawan longsor tersebut.

''Sebelum dibangun turap tentu harus dilakukan pengecekan di lapangan dulu, bisa atau tidak dibuat turap. Itu yang belum kita lakukan, jika sudah dikaji lebih jauh baru kita bangun turap di sana,'' tambahnya.

Oleh karena itulah, ia mengatakan Pemkab Inhil akan melakukan pengkajian terlebih dahulu barulah akan melaksanakan pembangunan turap sehingga Tanah Merah bisa terhindar dari bencana longsor.

''Jika tidak bisa kita bangun turap, mau tidak mau kita minta penduduk yang rumahnya di bibir pantai untuk pindah, karena yang rumahnya terletak dilokasi seperti itu sangat rawan terjadi longsor,'' tutup Alimuddin.(ayu)