TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Kepala Kepolisian Resor (Polres), Indragiri Hilir (Inhil), AKBP Hadi Wicaksono mengukuhkan sekaligus mengesahkan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Nelayan, di Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Jumat (3/7/2015).

Kegiatan yang turut diikuti oleh Kasat Pol Air, Kasat Bimas, Kepala KSKP, Kapolsek Tanah Merah beserta jajarannya itu, juga hadir Camat, Lurah, Kades, Anggota Koramil, Tokoh Agama dan masyarakat sekitar.

''Maksud kita membentuk FKPM Nelayan Ini adalah untuk meningkatkan silahturahmi dan kerjasama antara polisi perairan dengan nelayan dalam menjaga keamanan di daerah perairan,'' terang Kapolres Inhil.

Dengan terbentuknya FKPM ini, kedepannya pemberdayaan masyarakat nelayan di Inhil kususnya di Kecamatan Tanah Merah, dikatakan Hadi Wicaksono dapat menciptakan sinergi antara para nelayan dengan pihak kepolisian terutamanya Polisi Air.

''Kita berharap, teman-teman nelayan, mampu menjadi mitra dalam hal memberikan informasi, guna pengamanan perairan di Negeri Seribu Parit ini,'' sebut Kapolres.

Selain itu, ini dikatakan Kapolres juga merupakan salah satu upaya untuk memberantas ilegal fishing yang merupakan program dari Pemerintah Pusat.

''Saya mengingatkan kembali kepada kita semua, marilah kita antara polisi dan masyarakat nelayan duduk sejajar sebagai mitra serta garda terdepan dalam pemberantasan illegal fishing di perairan, sehingga tidak ada lagi rasa segan dan takut dalam memberikan informasi yang terjadi di perairan guna mendukung program pemerintah dalam hal pemberantasan ilegal fishing,'' ajak Hadi Wicaksono.

Dirinya juga mengajak jajaran Polres, Pol Air, Polsek, Pengusaha serta masyarakat untuk bersama-sama turun ke sungai dan ke laut, untuk memanfaatkan potensi Inhil yang kaya dibidang perairan.

''Untuk sebesar-besarnya kemakmuran bersama, mari kita manfaat sumber daya alam kita di perairan ini, apabila semua sudah makmur saya yakin angka kriminalitas dan akhirnya semua dari kita bisa hidup aman, damai dan harmonis,'' tukas Hadi Wicaksono.(ayu)