TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Berbagai terobosan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil), Riau untuk mengobati sakit yang selama ini telah diderita oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Indragiri. Salah satunya dengan mengandeng pihak swasta untuk bekerjasama.

Seperti yang dilakukan kali ini, Pemkab Inhil mengandeng Perusahaan Masagi Energy Solusindo untuk menjadi penyedia energi listrik bagi PDAM Tirta Indragiri.

''Semoga, dengan adanya kerjasama ini, secara perlahan dapat menyembuhkan PDAM Tirta Indragiri dari sakit kronisnya,'' ujar Bupati Inhil, HM Wardan ketika penandatanganan nota kesepahaman (MoU) PDAM Tirta Indragiri dengan PT Masagi Energy Solusindo dalam rangka kerjasama pembangkit listrik hybrid di aula kantor Bappeda Inhil, Minggu (4/10/2015) sore.

Kerjasama ini, dikatakan pemimpin Negeri Seribu Parit ini, dimaksudkan untuk menekan biaya produksi PDAM Tirta Indragiri, mengingat, selama ini, biaya produksi menjadi masalah, terutama untuk pembayaran listrik setiap bulannya.

''Minimal dengan adanya kerjasama ini, 30 persen permasalahan sudah teratasi. Dan harapan kita, kedepannya air PDAM tidak hanya bisa digunakan untuk mandi saja, namun juga bisa untuk diminum,'' harap HM Wardan.

Sementara itu, dalam kerjasama ini disepakati bahwa 5 kecamatan akan mendapatkan penyediaan listrik, seperti di Selensen Kecamatan Kemuning, Pulau Kijang Kecamatan Reteh, Khairiah Mandah Kecamatan Mandah, Sungai Guntung Kecamatan Kateman dan Sungai Piring Kecamatan Batangtuaka.(adv)