TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Dihadapan Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan, Dewan Pembina Yayasan Tasik Gemilang (YTG), sekaligus pendiri Universitas Islam Indragiri (Unisi), Indra Muchlis Adnan, meminta agar program beasiswa dilanjutkan kembali.

''Saya minta, Pak Bupati menghidupkan kembali beasiswa untuk mahasiswa, karena masih banyak anak-anak yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,'' pinta Indra.

Menanggapi permintaan Mantan Bupati Inhil itu, HM Wardan mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil akan senantiasa memberikan suport dan dukungan terhadap perkembangan pendidikan di Negeri Seribu Parit ini.

Namun untuk beasiswa bagi mahasiswa, dikatakannya karena menurut ketentuan yang berlaku bahwa hibah bansos tidak dapat diberikan setiap tahun, untuk itu perlu dilakukan perbaikan-perbaikan terlebih dahulu sebelum akhirnya disalurkan kepada mahasiswa.

''Jika melalui hibah bansos, hanya 1 tahun, kan tidak mungkin tahun ini dibantu tahun depan tidak. Maka, agar bisa disalurkan untuk setiap tahun maka kita akan carikan solusinya,'' sebutnya.

Dan solusi untuk hal itu, dikatakan HM Wardan adalah dengan membuat Peraturan Daerah (Perda) beasiswa, dan jika Perda itu sudah disahkan, maka setiap tahun Pemkab Inhil dapat menganggarkannya.

''Saya sudah berbicara dengan DPRD, bahwa kita akan buat Perda untuk membantu pendidikan di tingkat perguruan tinggi, baik bagi yang melanjutkan pendidikan di Inhil, termasuk anak asli Inhil yang melanjutkan pendidikan di luar daerah,'' tukasnya.

Pada kesempatan itu juga, HM Wardan mengucapkan selamat bagi mahasiswa yang sudah menyandang gelar Strata I.

''Keberhasilan yang diperoleh hari ini, saya harap tidak berakhir sampai hari ini saja, tentunya harus ditingkatkan lagi jenjang pendidikannya, supaya sumber daya manusia di Inhil ini lebih berkualitas lagi,'' ujar HM Wardan.(ayu)