TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Bermain domino ternyata tidak hanya untuk menghabiskan waktu luang, tapi juga bisa menjadi cara yang bermanfaat untuk terhindar dari penyakit berbahay seperti penularan HIV dan AIDS.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), demi mencegah penularan penyakit berbahaya ini kepada masyarakat luas, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Inhil mensiasatinya dengan menggunakan domino.

Eits, jangan salah pengertian dulu. Yang dimaksud di sini adalah, KPA menggunakan domino untuk menarik perhatian para laki-laki untuk hadir dalam kegiatan Public Awareness Event, dalam rangka meningkatkan kepedulian laki-laki terhadap bahaya HIV dan AIDS dimasyarakat kususnya kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) dan anak.

''Ketika kita memberikan pemahaman tentang bahaya HIV dan AIDS, kita siasati dengan menggelar pertandingan domino, jadi mereka tertarik untuk ikut serta,jadi memberikan ilmu dalam bentuk yang lebih menarik'' kata Sekretaris KPA Inhil, Umar Pulungan kepada GoRiau.com, Kamis (28/8/2014).

Kepedulian laki-laki terhadap penularan HIV dan AIDS, dikatakan Umar perlu ditingkatkan untuk melindungi IRT dan anak-anak. Karena penularan HIV kepada Ibu dan anak umumnya dibawa oleh laki-laki.

''Kami terus berupaya memberikan informasi yang benar bagi masyrakat, untuk terus berhati-hati terhadap penularan HIV dan AIDS,'' kata Sekeretaris KPA ini.(ayu)