TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Bila beberapa tahun silam Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menjadi lumbung padi dan penyumbang beras terbesar di Provinsi Riau, namun saat ini jumlah pasokan padi yang berasal dari Negeri Seribu Parit ini sudah tidak seperti dulu lagi.

Melihat fenomena ini, orang nomor 1 di Negeri Sri Gemilang, HM Wardan merasa perlu strategi kusus untuk mengembalikan Inhil menjadi pemasok beras terbesar lagi, disamping juga tetap menjadi Kabupaten penghasil kelapa.

''Maka itu kita dari Pemkab menyediakan alat dan mesin pertanian untuk petani, dengan harapan bisa menunjang dalam pekerjaan menghasilkan padi yang baik dan berkualitas,'' ujar HM Wardan.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini, masih ada ribuan hektar lahan pertanian yang tidak tergarap dengan baik. Untuk itu ia mengajak kepada para petani agar memanfaatkan lahan pertanian itu untuk ditanami padi kembail.

''Saya tetap menekankan, jangan lakukan alih fungsi lahan. Untuk mendukung kita telah berikan alat dan mesin pertanian, kita harapkan itu dimanfaatkan dengan baik,'' tukasnya.

Dikatakan HM Wardan, apabila lahan pertanian dikelola dengan baik, Tidak menutup kemungkinan Inhil kembali bisa menjadi penyumbang beras nomor 1 di Riau, bahkan ia mengaharapkan nomor 1 di Pulau Sumatera.

''Saya harapkan kedepan Dinas atau pihak terkait, fokus dengan membuat perencanaan untuk mengelola lahan luas yang kita miliki ini,'' tutup HM Wardan.(ayu)