TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan kader tentang bahaya HIV dan AIDS, Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Indragiri Hilir (Inhil) melakukan simulasi Voluntary Conseling and Testing (VCT) yang diikuti 20 kader HIV di Kecamatan Tembilahan Hulu, Rabu (24/9/2014).

Kegiatan yang sekaligus pertemuan bersama kader penanggulan HIV ini, dilakukan di aula Puskesmas Tembilahan Hulu Jalan Sederhana, dimana selain meningkatkan pemahaman kader, kegiatan ini juga diperuntukan agarlayanan kesehatan yang dapat diakses oleh masyrakat.

''Melalui kegiatan ini dilakukan simulasi pemeriksaan VCT, dengan demikian kader dapat melakukan rujukan ke layanan apabila ada masyarakat mau melakukan pemeriksaan HIV,'' kata Sekretaris KPA Inhil, Umar Pulungan kepada GoRiau.com.

Selain itu dikatakan Umar, kader juga dibekali pengetahuan HIV dari brosur dan poster untuk membantu dalam penyampaian informasi.

''Jadi sistemnya, kita berikan bekal kepada kader kemudian kader yang memperluas informasi ini kepada masyarakat. Hasil akhir dari ini, harapan kita masyarakat akan lebih bersedia melakukan tes HIV hingga akhirnya jumlah kasus HIV di Inhil pun dapat diminimalisir,'' tutup Umar.(ayu)