TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Sebanyak 1.090 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 14 kelurahan dan desa di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan menerima zakat konsumtif dari Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) yang telah mulai dibagikan Selasa (22/7/2014).

''Selama 2014 ini, Kita telah kumpulkan zakat baik dari perorangan maupun zakat profesi. Alhamdulillah sudah terkumpul Rp 240 Juta dan telah kita salurkan sebanyak Rp 220 juta,'' kata Ketua Bazda Inhil, H Syamsurizal Awi kepada GoRiau.com.

Penyebaran pembagian zakat ini sendiri dikatakannya tergantung dengan jumlah persentase KK yang ada di masing-masing kelurahan atau desa. '' Metodenya yaitu pihak Bazda meminta data dari kelurahan kemudian pihak kelurahan mengambil data dari masing-masing RT setempat,'' ujarnya.

Selain itu juga, Syamsurizal mengatakan pihak Bazda juga sengaja membuat perbedaan tempat atau membuat posko-posko dalam penyerahan zakat ini, agar nantinya tidak ada menumpuk antrian hingga berdesak-desakan dan menyebabkan ketidaknyamanan.

''Kita harapkan kesadaran masyarakat juga tinggi untuk menyalurkan zakat melalui badan resmi seperti Bazda ini, sehingga kita juga bisa membagikannya kepada lebih banyak masyarakat yang membutuhkan,'' sebut Syamsurizal.

Sementara itu, jadwal pembagian zakat konsumtif ini adalah:

1. Selasa (22/7/2014) untuk wilayah Tembilahan Hilir bertempat di sekretariat Bazda. Pulau Palas, Sialang Panjang, Sungai Beringin, Pekan Arba, Seberang Tembilahan dan Seberang Tembilahan Selatan diambil di masing-masing Kantor kelurahan.

2.Rabu (23/7/2014) akan disalurkan diwilayah Tembilahan Barat dimana akan diambil langsung di sekretariat Bazda. Kemudian untuk Seberang Tembilahan Barat, Sungai Perak, Sungai Intan, Pekan Kamis yang masing-masing diambil di kantor kelurahan.

3.Kamis (24/7/2014) akan diserahkan untuk wilayah Tembilahan Hulu dan Tembilahan Kota yang juga ditempatkan di kantor kelurahan masing-masing.(ayu)