BENGKALIS, GORIAU.COM - Nasi sudah jadi bubur. Paing tidak itulah yang dialami dua pegawai negeri sipil (PNS) Pemkab Bengkalis yang ditangkap saat nyabu di ruangan sataf ahli Kantor Bupati Bengkalis, Sabtu (23/3/2013) malam. Karena sudah ketangkap tangan, mereka berdua harus bersiap-siap menerima sanksi berat yang akan dijatuhkan kepada keduanya.

Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno yang juga Ketua Badan Narkotika Nasional (BNK) Bengkalis kepada wartawan, Minggu (24/3/2013) mengungkapkan rasa kesalnya karena selain tindakan mengonsumsi narkoba merupakan tindakan tercela, dan lebih tercela lagi, aktifitas itu dilakukan di salah satu ruangan kantor Bupati Bengkalis.

''Kita pasti akan memberi sanksi sangat tegas terhadap keduanya. Seluruh jajaran Pemkab Bengkalis sangat terpukul dengan peristiwa ini, itu sangat memalukan,'' ungkapnya.

Pemkab saat ini, tambahnya, menyerahkan sepenuhnya proses hukum yang tengah dilakukan Polres Bengkalis terhadap SA (34) dan SR (34).

“Kita tidak akan main-main dalam memberikan sanksi terhadap PNS maupun honorer yang terbukti mengkonsumsi narkotika. Sanksi berat sesuai dengan peraturan kepegawaian akan kita berlakukan, tanpa pandang bulu,” ujar Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno.

“Rasanya sudah berkali-kali saya sampaikan, baik dalam kapasitas saya sebagai Wakil Bupati maupun Ketua BNK. Bahwa PNS itu harus menjadi contoh dan suri tauladan bagi masyarakat. Bukan sebaliknya, melakukan tindakan-tindakan yang tidak terpuji,” ujar Wabup.

Ia juga mengharapkan kepada para PNS dan tenaga honorer di lingkungan Pemkab Bengkalis agar menjadikan peristiwa itu sebagai pembelajaran. Upaya penegakan hukum terhadap para pelaku konsumsi narkoba tidak akan pernah berhenti dilakukan aparat penegak hukum, kapan dan di mana pun. Jangan pernah sekali-kali mencoba barang haram apalagi melakukannya di kantor Pemerintah yang notabene merupakan tempat untuk bekerja dan melayani masyarakat. “Kita mendukung penuh setiap upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh aparat kepolisian,” ujarnya.

Menyinggung tentang langkah-langkah yang akan diiambil oleh BNK, Suayatno mengatakan, BNK sudah menyiapkan sejumlah rencana kerja untuk tahun 2013. “Kita akan menggandeng Satnarkoba Polres Bengkalis, apakah itu dalam bentuk sosialisasi maupun kegiatan-kegiatan lain dalam upaya mencegah maupun meminimalisir penggunaan narkoba di tengah-tengah masyarakat,” katanya. (jfk)