PEKANBARU, GORIAU.COM - Kapolda Riau, Brigjend Dolly Bambang Hermawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas yang telah berhasil menangkap tahanan Polsek Sukajadi yang kabur Jumat Pekan kemarin. Agar kejadian serupa tidak terulang kembali, seluruh jajaran diminta untuk lebih meningkatkan pengawasan dan kontrol setiap waktu terhadap fasilitas di Polsek masing-masing.

Kapolda mengakui bahwa fasilitar kantor Polsek Sukajadi belum memadai. Seharusnya ruang tahanan itu dibeton. Ini menunjukkan bahwa negara masih belum bisa melakukan membangun sesuai standar.

"Namun hal itu tidak menjadi alasan. Langkah pengawasan yang lebih ketat harus diterapkan kepada setiap pengunjung. Barang-barang bawaan mereka harus diperiksa, jangan sampai membawa benda-benda tajam dan berbahaya yang bisa membantu tahanan untuk kabur," kata Kapolda kepada wartawan, Senin (22/12/2014) siang.

Tahanan Polsek Sukajadi berinisial Am (34) pada Jumat (19/12/2014) lalu melarikan diri. Berselang satu hari, Minggu (21/12/2014) sekitar Pukul 22.30 WIB, petugas mengendus keberadaan Am di Pangkalan Kerinci. Tim gabungan anggota Reskrim, Polsek Sukajadi dan Polres Pelalawan berhasil meringkus Am saat akan melakukan aksi Curanmor di Jl. Pemda Pangkalan Kerinci.

Saat akan ditangkap, Am sempat melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri. Dalam kondisi seperti itu, akhirnya tim gabungan yang dipimpin oleh Kapolsek Sukajadi, Kompol Jasamen Manurung, melepaskan tembakan peringatan. Tidak menggubris tembakan peringatan, petugas pun melumpuhkan Am melalui tembakan di kakinya.(wdu)