RENGAT- Baru dua bulan bebas dari penjara, RB (26) warga Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau kembali diciduk polisi setelah dilaporkan security PT Pertamina atas pencurian kabel pompa reda di areal sumur minyak PT Pertamina LS-117 Lirik.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan barang bukti berupa 16 meter kabel pompa reda yang telah dipotong pelaku. Atas perbuatannya, PT Pertaminan mengalami kerugian sebesar Rp4 juta rupiah.

"Tersangka merupakan residivis pencurian kabel pompa reda dan ini merupakan kali kedua pelaku ditangkap dalam kasus yang sama, tepatnya pada Januari 2014 lalu," ujar Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo melalui Kapolsek Lirik AKP Taufiq Nugraha, Kamis (28/4/2016).

Disebutkan Taufiq, tersangka RB yang merupakan warga Desa Gudang Batu, Lirik itu diamankan pada, Rabu (27/4/2016). Pada kali kedua ini, tersangka juga ditangkap oleh orang yang sama, yakni Junimar yang merupakan security PT Pertamina.

"Pada hari itu, pelapor melaksanakan patroli rutin kelokasi sumur LS-117. Setiba dilokasi, pelapor mendapati pompa angguk dalam keadaan mati. Saat dicek pelapor, ternyata kabel reda yang merupakan sebagai pengantar arus listrik sudah terpotong," sebutnya.

Melihat hal itu, pelapor menghubungi rekannya Sungkowo. Begitu keduanya melanjutkan patroli ke sumur LS-137, mereka juga menemukan pompa dalan keadaan mati. "Kabel reda pompa tersebut juga putus akibat bekas dipotong," terang Taufiq.

Atas kejadian itu, kedua security itu menghubungi rekannya yang lain untuk melakukan pencarian kabel tersebut dan akhirnya ditemukan di kebun sawit milik warga.

"Begitu menemukan kabel tersebut, pelapor bersama rekannya Dani melakukan pengintaian dilokasi penemuan kabel. Tepat pada pukul 09.00 WIB, datang seseorang yang diketahui inisial RB yang berniat untuk menjemput kabel hasil curiannya dan saat itu pula pelaku langsung diamanka mereka,"tuturnya.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, saat ini pelaku sudah diamankan di sel tahanan Mapolsek Lirik. Sementara barang bukti yang diamankan berupa gulungan kabel reda sepanjang 16 meter, pungkas Taufiq. ***