DUMAI, GORIAU - Untuk meminimalisir dampak dari aktifitas balapan liar dilintas Jalan Sudriman (Lepin-Ramayana), Sabtu (19/04) hingga Minggu (20/04) tengah malam kemarin, sebanyak 82 anggota Kepolisisan Resort (Polres) Dumai dikerahkan dalam penertiban Balap liar di lokasi yang selama ini menjadi lintasan para remaja dalam adu kecepatan tunggangan mereka.

Dalam kegiatan tersebut, petugas tampak mengamankan puluhan motor yang dicurigai menjadi motor yang akan digunakan pada balapan dilintas tersebut, seperti sepeda motor yang mengenakan knalpot racing, bentuk fisik kendaraan yang telah dimodifikasi bak seperti pembalap prepesional (trondol,red).

Dalam penertiban tersebut, tidak tampak konflik antara massa pebalap liar dan petugas seperti pekan lalu, meskipun tampak melakukan protes atas kendaraan mereka yang yang diamankan petugas, namun kegiatan tetap terus berjalan.

Pantauan di lokasi tersebut, hampir tidak terlihat para pengguna jalan yang memacu kendaraanya seperti-seperti pekan sebelumnya, Lokasi tampak kondusif, arus lalu lintas lancar, pekikan suara keras kenalpot hampir tak terdengar.

Jika hal ini terus berlangsung, tentunya masyarakat Dumai tidak lagi digerayangi rasa ketakutan ketika melintas di lintas tersebut (Lepin,ramayana).

Kepala Polres Dumai AKBP Yudi Kurniawan ketika dikonfirmasi melalui Kasat Lantas Polres Dumai AKP Jaka Wahyudi disela-sela kegiatan penertiban menjelaskan, menindaklanjuti kejadian pemukulan anggota yang sedang melakukan tugas kepolisian pada pekan lalu, sehingga pada kegitan kali ini, Pihak Kepolisian Resort Dumai mengerahkan sebanyak 82 personil, yakni dari Satuan Lalu Lintas, Reskrim, Shabara dan TNI.

''Penertiban yang kita lakukan ini, menindak lanjuti aksi balapan yang meresahkan masyarakat tersebut, sehingga kita malam ini, menambah kekuatan pengamanan yang bersifat, preventif, preventif serta represif teoritas,'' sebut AKP Jaka kepada wartawan.

Dijelaskan Kasat Lantas, dalam kegiatan tersebut ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan kedepannya, yakni memberikan sosialisai, himbauan dan ajakan tertib berlalu lintas.

Selain itu, juga dilakukan penjagaan, dengan maksud aksi balapan liar tidak kembali digelar. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan selektif prioritas, yakni menjaring kenderaan yang diduga untuk dilakukan balapan liar.

Terakhitr AKP Jaka berharap, dengan adanya penertiban ini, aksi balapan liar bisa diminimalisirkan atau tidak ada lagi, dan tentunya bisa memberikan kenyamanan kepada masyarakat dan pengguna jalan lainnya untuk beraktifitas di jalan Sudirman tersebut.

''Kita berharap dengan adanya kegiatan rutin ini, bisa menghilangkan adanya balapan liar di jalan Sudirman, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan ketentraman kepada pengguna jalan lainnya,'' tandas Kasat Lanas.

Tampak dilokasi Penertiban, satu persatu kendaraan dengan fisik trondol diamanakan oleh petugas, untuk mengamankan kedaran-kendaraan tersebut, petugas terpaksa mengerahkan sebayak 3 unit Truk Cold Diesel untuk mengangkut motor-motor yang kemudian diamankan di Polres Dumai. (dcp)