SELATPANJANG, GORIAU.COM - Penampilan siswa Sekolah Kasih Maetrea (SKM) Meranti dalam acara Bintan Cultural festival (BCF) di Pelataran Monumen Relief Antam Kijang Kabupaten Bintan mendapat pujian dari Bupati Bintan, Sabtu (25/10/2014) malam. Pasalnya tarian itu dinilai sebagai keberhasilan Pemkab Meranti dalam mengemas keberagaman suku dan agama.


"Ini (tarian, red) adalah keberhasilan Pemkab Meranti mengemas keberagaman suku dan agama dalam sebuah atraksi seni budaya yang artistik menghibur dan menawan," kata Bupati Bintan sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti Ishak Izrai, kepada wartawan, Minggu (26/10/2014).
Ishak yang hadir malam itu mengaku tarian yang ditampilkan SKM Meranti mampu membuat seluruh masyarakat Bintan dan tamu yang hadir tertegun dan terkesima.
"Kita diundang khusus oleh Pemkab Bintan sebagai balasan kunjungan kesenian Mak Yong yang ditampilkan di Kabupaten Meranti September lalu," kata Ishak pula.
Jelas Ishak, selain pagelaran BCF, juga disejalankan dengan 'Sail to Bintan' bersama turis asing. Setidaknya ada sekitar 100 orang turis dengan 25 yacht (perahu layar, red) yang parkir di Pantai Sungai Nam Pulau Bintan
"Kita harap Fazham Fadlil tahun 2015, peserta petualang laut (yacht) dari Sail to Bintang, bisa langsung menuju ke Selat Air Mitam 'Sail to Meranti', pasti tidak kalah menarik sebagai daerah kita berada di depan Selat Melaka yang sudah terkenal secara Internasional," ungkap Ishak pula.
Pada helat BCF yang megah ini, Bupati Bintan memberikan cendera mata khusus kepada Pemkab Meranti yang diterima langsung Kadisparpora serta kepada ketua rombongan. Sail to Bintan bung Fazham Fadlil Putra Bintan. Hadir dalam acara malam itu, Wakil Bupati Bintan Drs H Khazalik.(zal)