SELATPANJANG, GORIAU.COM - Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) Kabupaten Kepulauan Meranti, tahun 2015 ini akan mengupayakan pembangunan beberapa taman bermain untuk anak-anak dan ruang terbuka hijau. Taman ini nantinya akan dilengkapi dengan wahana permainan tradisional dan taman kota untuk rekreasi bagi masyarakat kota Selatpanjang.


Demikian disampaikan Kepala Dinas Pasar, Pertamanan dan Kebersihan Kabupaten Kepulauan Meranti, Joko Surianto Selamat Rabu (1/4). Kata Joko, masyarakat Selatpanjang saat ini sangat membutuhkan ruang publik untuk berekreasi.
Tambahnya lagi, ini terbukti setiap sore taman Cik Puan yang berada di Jalan Merdeka dan tepian laut jalan Dorak selalu dipenuhi masyarakat, baik yang berolahraga, maupun sekedar jalan-jalan bersama keluarga.
"Kami akan memanfaatkan lahan kosong yang berada di samping gedung DPRD, gedung LAM Jalan Dorak dan lahan kosong yang berada di Jalan Pembangunan III untuk dijadikan ruang publik," kata Joko.
Dengan begitu, tambah Joko pula, maka kenyamanan masyarakat yang ingin berolahraga dan berekreasi tetap terjaga, tidak harus berdesak-desakan.
"Pemerintah juga akan bekerjasama dengan media atau event organizer untuk setiap akhir pekan membuat agenda kegiatan, sehingga masyarakat tidak harus ke Taman Cik Puan.Itu keuntungan dari  aspek pemanfaatan lahan," kata Joko lagi.
Joko Surianto menambahkan, Ini dilakukan sekaligus sebagai upaya memecah konsentrasi massa agar tidak harus ke Taman Cik Puan dan Tepian laut Dorak untuk berolahraga. 
Selain untuk tempat berekreasi, olahraga dan sebagainya, keberadaan taman terbuka hijau sangat penting sebagai penyaring karbondioksida, mengingat kota Selatpanjang sangat padat polusi Sementara itu, sarana prasana di taman memang terbilang masih kurang.(zal)