SELATPANJANG, GORIAU.COM - Rombongan dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti, Selasa (26/8/2014) lalu, melakukan kunjungan ke Desa Tanjungpisang Kecamatan Tasik Putripuyu, Kepulauan Meranti, Riau. Kedatangan mereka untuk membahas persiapan pesta pantai tahun kedua di desa tersebut bersama pemdes dan masyarakat setempat.


Kedatangan Sekretaris Disparpora, H Ismail Arsyad, yang didampingi Kabid Pariwisata Nuzuar, Kasi Pariwisata Sukendri, dan beberapa staff, juga sempat meninjau lokasi acara pesta pantai yang akan dilangsungkan di pantai Desa Tanjungpisang.
Untuk persiapan tahap awal, dalam pertemuan itu dibahas pembentukan panitia desa. Sekretaris Disparpora H Ismail meminta Kades beserta perangkat dan masyarakat desa menyusun kepanitiaan dari desa yang nantinya akan bekerjsama dengan panitia kabupaten (Disparpora), termasuk berbagai acara/lomba pendukungnya agar lebih meriah lagi.
"Kita minta panitia ini dibentuk terlebih dahulu melalui rapat desa. Setelah itu, baru kita bahas bagaimana teknis untuk acaranya nanti. Yang jelas, kita dari Disparpora dalam hal ini memberikan dorongan dan pembinaan kepada masyarakat agar mengembangkan potensi desa masing-masing, termasuk iven pesta pantai Tanjungpisang ini," ujarnya.
Selain itu, pihaknya juga menyarankan agar di lokasi acara disediakan stand bazar. Sehingga berbagai kuliner laut hasil olahan masyarakat setempat sebagai pendukung yang bisa dipamerkan dan disuguhkan kepada para pengunjung yang datang.
Kabid Pariwisata Disparpora, Nuzuar, mengharapkan kegiatan ini tetap mengedepankan iven utamanya, yakni mendongkah. Sebab, mereka memprogramkan bagi masing-masing kecamatan punya satu iven tahunan untuk pengembangan potensi pariwisata di Kepulauan Meranti.
"Intinya, lomba mendongkah sebagai acara utamanya tetap dipertahankan menjadi ikon pesta pantai di Tanjungpisang ini," tegas dia.
Rencananya, Disparpora akan bekerjsama dengan PT RAPP menyelenggarakan iven pesta pantai tersebut agar lebih besar dan meriah ditahun lalu. Sehingga bisa menjadi iven kebanggaan bagi masyarakat di Pulau Padang khususnya.(zal)