SELATPANJANG, GORIAU.COM - Pentas budaya daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Desember 2014 mendatang akan menampilkan sesuatu yang berbeda. Pasalnya, dalam acara akhir tahun itu nantinya akan ada pertunjukan kebudayaan dari tanah Parahyangan Jawa Barat.


Hal itu sebagaimana disampaikan Ketua lll Mitra Sunda Riau (Misuri) untuk Kabupaten Kepulauan Meranti, Uyung Salis, ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/10/2014). Kata Uyung, penampilan kebudayaan dari tanah Parahyangan (Jawa Barat, red) ini adalah pertama kali diadakan di Kepulauan Meranti.
"13 Desember 2014 mendatang dalam pentas budaya daerah, kita akan menggelar pertunjukan kebudayaan sunda yang kita beri nama Semalam di Tanah Parahyangan," kata Uyung.
Uyung juga mengatakan, selain adanya penampilan budaya dari Parahyangan, mereka juga akan mengonsepkan Taman Cik Puan semirip mungkin dengan daerah Parahyangan itu. Mereka juga akan menyediakan makanan dan minuman khas Jawa Barat yang bisa dinikmati masyarakat banyak.
"Selain menampilkan budaya dari Parahyangan, kita juga akan mengonsepkan Taman Cik Puan ala nuansa-nuansa Jawa Barat. Kita juga menyiapkan makanan dan minuman khas Jabar, pokoknya datang ramai-ramai dan ikuti kemeriahannya," ungkap Uyung lagi.
Uyung menjelaskan yang menjadi dasar Misuri Kepulauan Meranti untuk menggelar budaya Sunda ini adalah karena di Meranti juga banyak orang-orang sunda yang sudah menetap. Untuk itu, dengan acara semalam di tanah parahyangan ini akan mengeratkan lagi hubungan antara masyarakat.
Di tempat terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti H Ismail Arsyad membenarkan tentang rencana pegelaran kebudayaan Sunda itu. H Ismail mengatakan saat ini mereka telah menggelar rapat koordinasi untuk kesuksesan acara itu.
"Kita telah lakukan rapat untuk acara ini. Kedepan, jelang hari H kita akan terus memantapkan rencana ini," ungkap Ismail pula.
Dapat disampaikan pula, Parahyangan atau Priangan (Bahasa Belanda: Preanger) adalah daerah kebudayaan Sunda di Jawa Barat yang luasnya mencakup wilayah Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Cimahi, Bandung, Cianjur, Sukabumi dan Bogor.(zal)