SELATPANJANG, GORIAU.COM - Rencananya mulai Desember 2014 ini, acara budaya di Kepulauan Meranti selain bernuansakan hiburan juga akan pendidikan. Acara budaya ini diharapkan bisa menekan kenakalan remaja di Kota Sagu itu.


Informasi itu sebagaimana disampaikan Ketua lll Mitra Sunda Riau (Misuri) Uyung Salis, kepada GoRiau.com, Jumat (31/10/2014) siang. Kata Uyung, rencana untuk menggelar acara budaya bernuansakan pendidikan itu telah dibicarakan antara sembilan perwakilan budaya di Meranti dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti.
"Acara budaya yang dimaksud telah kita bicarakan dengan semua pihak," kata Uyung.
Dikatan Uyung pula, model hiburan yang akan digelar tiap pekan itu akan melibatkan banyak pihak. Baik itu pemuda-pemudi, masyarakat, maupun pedagang kaki lima. Sebab, di lokasi acara budaya nantinya juga akan diadakan pasar kaget.
"Acara budaya itu merupakan hiburan sekaligus mendidik. Kita libatkan pasar kaki lima (pasar kaget), beberapa perkumpulan pemuda/i," ujarnya lagi.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti Ishak Izrai, melalui Sekretaris H Ismail, mengatakan acara budaya yang dimaksud sangat baik. Sebab, dengan melibatkan pemuda dan pemudi itu, kata Ismail pula, selain menggali kreativitas juga akan mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat (negatif, red).
"Anak-anak muda dilibatkan, mereka bebas mau jualan atau menampilkan apa di acara budaya itu. Ini pasti akan mengurangi kegiatan-kegiatan yang negatif dari remaja itu sendiri," ungkap Ismail pula.(zal)