SELATPANJANG, GORIAU.COM - Sebanyak 46 stand akan disiapkan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti dalam fastival sagu di Plaza Selatan Senayan, Jakarta pada tanggal 3-4 Mei mendatang. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan disana untuk mengangkat dan memperkenalkan sagu ketingkat nasional seperti, eksibisi, forum bisnis, entertainment dan lainnya.


"Kita harus mempersiapkan dengan matang. Sebab sebagai tuan rumah event ini menjadi yang pertama dan akan mengangkat citra daerah dan yang terpenting menjadikan sagu bukan lagi makanan kelas dua tapi kelas satu," kata Sekretaris Pemkab Kepulauan Meranti, Drs Iqaruddin MSi beberapa waktu lalu. 
Ditambahkan Iqar, walaupun pelaksanaan festival sagu itu atas nama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Namun pelaksanaannya akan dilaksanakan oleh emerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti.
"Jadi, tolong dipersiapkan semaksimal mungkin. Sehingga pelaksanaan bisa berjalan sukses nantinya.
Sementara itu Kepala BPMPPT, Hendra Putra SIp MSi mengatakan peserta sendiri akan diikuti oleh seluruh SKPD di Pemkab Meranti, seluruh daerah penghasil sagu di Indonesia dan sejumlah perusahaanyang ada di indonesia, termasuk dari EMP Malacca Strait SA, Nasional Sago Prima dan lainnya.
"Materi event dalam festival sagu meliputi, Pameran Produk pangan dan non pangan berbasis bahan baku sagu serta produk. Kemudian kegiatan diskusi antara pelaku industri, Pemerintah Daerah penghasil sagu, serta instansi dan industri pendukung lainnya. Dan kegiatan promosi kesenian dan pariwisata daerah-daerah penghasil sagu, erta promosi penganan gratis bahan baku sagu," katanya.
Selain itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Ir Mamun Murod MM MH mengungkapkan dalam event yang akan dilaksanakan selama dua hari itu nantinya juga akan dilakukan launching pelepasan varietas sagu bagi Kabupaten Kepulauan Meranti. Sehingga lebih diketahui secara nasional, bahwa sagu Meranti sudah dipatenkan dan telah diakui oleh negara sebagai penghasil sagu terbaik di indonesia.
"Inilah kesempatan kita untuk menggangungkan sagu kita sebagai sagu terbaik di indonesia. makanya kita harus mampu memaksimalkan peluang ini," sebut Murod.***